Mengejutkan! Erick Thohir Laporkan Eks Dirut Garuda Indonesia Dugaan Korupsi Pembelian Pesawat ATR-72-600

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, Hajinews.id — Menteri BUMN Erick Thohir melaporkan mantan Direktur utama PT Garuda Indonesia yang diduga terlibat dalam dugaan korupsi pengadaan pesawat ATR-72-600 berinisial AS ke Kejaksaan Agung.

“Hari adalah yang menjadi permasalahannya adalah soal Garuda Indonesia,” kata Jaksa Agung ST Burhanuddin di Kejagung, Jakarta Selatan, Selasa (11/1/2022).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Jaksa Agung menyebut, bahwa persoalan yang tengah diselidiki adalah kasus pembelian pesawat ATR-72-600.

“Laporan Garuda untuk pembelian ATR–72-600. Dirut dalam pembelian ATR-72-600 zaman direkturnya AS,” pungkasnya.

Sebelumnya, dalam beberapa kesempatan, Erick Thohir kerap menyinggung permasalahan keuangan Garuda Indonesia. Erick mengatakan terjadi tindak pidana korupsi yang dilakukan manajemen sebelumnya. Pelaku atau oknumnya kini sudah ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Apa bedanya Garuda dan Jiwasraya? Kan mirip-mirip, ada oknum di penjara (korupsi), Jiwasraya ini direstrukturisasi, hari ini, ke depan para pensiunan sudah mendapatkan lagi pembayaran yang sudah mulai lancar lagi. Daripada kemarin enggak dibayar sama sekali,” ungkap dia.

Erick menyebut, restrukturisasi Garuda merupakan proses penyelamatan yang paling menyedihkan. Pasalnya, pemegang saham harus berhadapan dengan banyak kreditur, lessor, dan vendor dengan dinamika yang berbeda-beda. Meski begitu, Garuda harus melewati proses tersebut jika ingin tetap terbang.

“Konteksnya ada tiga, pertama Garuda harus melewati restrukturisasi yang sangat menyedihkan, itu harus. Kalau tidak sampai kapan pun Garuda tak akan take off. Restrukturisasi ini seperti tadi, di Jiwasraya, harus restrukturisasi, kalau tidak berat gitu lho,” kata dia.

Erick menegaskan, pemerintah secara masif terus menegosiasikan harga sewa dan bunga pesawat dengan lessor. Jalan yang ditempuh pun melalui pengadilan dan di luar pengadilan.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *