Hikmah Pagi : 7 Golongan yang Mendapatkan Syafaat Nabi Muhammad SAW di Hari Kiamat

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id – Ada umat yang mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW di akhirat kelak. Syafaat yang merupakan bantuan permohonan maaf tersebut akan diberikan pada tujuh golongan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Syafaat adalah perantara yang dilakukan untuk memperoleh permohonan maaf dari Allah SWT. Syafaat sendiri akan diberikan Allah SWT kepada setiap manusia yang senantiasa mengikuti tuntunan Nabi Muhammad SAW selama hidupnya.

Umat yang Mendapatkan Syafaat Nabi Muhammad SAW

1. Pemimpin yang Adil

Golongan umat yang mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW pertama adalah seorang pemimpin yang berperilaku adil. Adapun, maksud pemimpin adalah mampu memimpin dirinya sendiri. Kemudian, nantinya setiap pemimpin akan ditanya tentang pertanggungjawaban atas apa yang dipimpinnya.

2. Pemuda yang Banyak Beribadah kepada Allah

Dikala banyak godaan yang dihadapi, namun seorang pemuda lebih memilih tetap tekun beribadah kepada Allah SWT, maka niscaya orang tersebut akan mendapatkan syafaat dari Allah SWT.

3. Seseorang yang Selalu Terikat Hatinya dengan Masjid

Cara mendapatkan syafaat Nabi Muhammad dengan senantiasa memakmurkan masjid. Sebagai Muslim harus erat hubungannya dengan masjid, maka dari itu orang yang selalu erat dengan masjid akan menjadi orang-orang pilihan oleh Allah SWT di hari kiamat kelak.

4. Dua Orang atau Lebih yang Saling Menyayangi Karena Allah

Ketika orang-orang yang berkumpul maupun berpisah itu semua karena Allah lalu menjalin keakraban satu sama lain murni karena Allah SWT, bukan karena hal lain seperti jabatan, kekayaan, dan keuntungan duniawi lainnya, maka Allah akan memberikan syafaat di hari kiamat pada orang-orang tersebut.

5. Lelaki yang Diajak Berzina oleh Wanita Namun Menolaknya karena Allah SWT

Umat yang mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW di hari kiamat kelak adalah seseorang yang diajak berzina oleh seorang wanita lalu menolaknya karena takut atas kemurkaan Allah SWT. Orang tersebut termasuk orang yang bermoral dan memiliki akhlak yang baik.

6. Mereka yang Bersedekah secara Sembunyi-Sembunyi

Hal yang dicontohkan oleh Abu bakar Ash-Shiddiq, yakni mendata orang-orang yang membutuhkan makanan dan dia meninggalkan makanan tersebut di depan pintu pada malam hari merupakan perilaku bersedekah secara sembunyi-sembunyi.

Umat Muslim bisa mencontoh hal tersebut agar ketika bersedekah memiliki hati yang ikhlas. Jangan sampai tangan kiri (orang lain) kita mengetahui apa yang kita sedekahkan. Orang yang seperti itu kelak akan mendapatkan syafaat dari Allah SWT.

7. Seseorang yang Mengingat Allah SWT Dalam Kesendirian Lalu Mengalir Air Matanya

Umat yang mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW terakhir adalah orang yang ketika mengingat Allah dalam kesendirian ia lalu meneteskan air matanya. Sebab, ia yakin bahwasannya tempat sandaran yang paling utama manusia hanyalah Allah SWT.

Itulah golongan umat yang mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW, semoga kita menjadi salah satu dari golongan umat yang akan mendapatkan syafaat tersebut.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *