Hikmah Siang : Kesalahan dalam Shalat Berjamaah

Para jamaah saat melakukan salat di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Foto/Twitter/@wmngovsa
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Ada berbagai macam kesalahan yang kadang terjadi saat mengerjakan shalat berjamaah. Apa saja sih, kesalahan dalam shalat berjamaah yang kerap terjadi?

Berikut, beberapa kesalahan dalam shalat berjamaah yang kerap dijumpai:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1.Gerakan makmum yang mendahului gerakan imam

Terdapat beberapa kesalahan yang terkadang terjadi saat melaksanakan sholat, salah satunya yakni makmum mendahului imam.

Dikutip dari buku 221 Kesalahan Dalam Shalat beserta Koreksinya dari Abdul Aziz bin Nashir al-Musainid, mendahului gerakan imam ini misalnya, makmum melakukan ruku’ sebelum imam.

Yang benar ialah tidak diperbolehkan mendahului gerakan imam, mengingat imam dijadikan untuk diikuti. Maka, hendaknya makmum tidak melakukan ruku’, kecuali setelah imam melakukannya.

2. Gerakan makmum terlambat

Termasuk kesalahan, Makmum terlambat dari imam, seperti imam sudah bangkit dari ruku’ sedang makmum masih ruku’, dan lain sebagainya.

Yang benar, Makmum tidak boleh terlambat dari imamnya dalam semua gerakan shalat. Apabila imam telah bangkit dari ruku’, maka setelahnya makmum segera bangkit dari ruku’.

3. Membaca ayat-ayat Alquran sewaktu ruku’ atau sujud

Seharusnya, membaca ayat-ayat Alquran itu dilakukan sewaktu berdiri. Adapun pada waktu ruku, hendaknya makmum mengagungkan Allah Subhanahu wa Ta’ala, sedang pada waktu sujud hendaknya memperbanyak doa.

Nah, itulah sekelumit kesalahan dalam shalat berjamaah yang biasa ditemui. []

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *