Jemaah Haji Asal Bojonegoro Diamankan karena Terlalu Banyak Bawa Rokok

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Surabaya, Hajinews.id- Seorang jemaah haji kloter 3 asal Bojonegoro, Jawa Timur diamankan petugas PPIH Embarkasi Surabaya. Pasalnya, jemaah haji tersebut membawa 10 bungkus rokok dan satu power bank dalam koper.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Ada regulasi yang membatasi jumlah rokok yang boleh dibawa para jemaah haji yaitu maksimal 200 batang atau dua slop saja,” kata Ketua PPIH Embarkasi Surabaya, Husnul Maram, Minggu (5/6/2022).

Husnul mengatakan, rokok yang diamankan tersebut diserahkan kepada petugas haji asal daerahnya masing-masing. Barang tersebut bisa diambil kembali pemiliknya sepulang dari Tanah Suci.

“Ada beberapa barang yang sama sekali tidak boleh masuk ke Arab Saudi seperti barang atau obat yang tidak jelas komposisinya,” kata pria yang juga Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur ini.

Dia menjelaskan, untuk obat tradisional yang tidak ada kemasan permanen dan komposisinya rentan menimbulkan permasalahn. Berbeda dengan obat dan atau vitamin yang bermerek serta terdaftar di BPOM.

Namun demikian, obat-obatan atau multivitamin itu tetap ada batasnya untuk dibawa jemaah haji.

Begitu juga dengan rokok. Dia menuturkan, bila untuk konsumsi pribadi dan jumlahnya wajar tidak masalah.

“Kalau bawa parasetamol, ibuprofen atau obat-obatan untuk mengurangi nyeri dan jumlahnya tidak banyak, tidak masalah. Kalau kita bawa multivitamin sebatas dua atau tiga strip tidak masalah. Kalau lebih dari 50 strip ini mau ibadah atau jualan?,” ujarnya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *