Ketua Pengurus Wilayah IPHI Kalteng Lepas Keberangkatan Jemaah Calon Haji Kloter 5

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Hajinews.id – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Drs. H. Nuryakin, M.Si, yang juga saat ini menjabat sebagai Ketua Pengurus Wilayah IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia) Provinsi Kalimantan Tengah, secara resmi mewakili Gubernur Kalimantan Tengah H. SKugianto Sabran, memberikan sambutan sekligus melepas keberangkatan Jemaah Calon Haji Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Kloter 5 Embarkasi Haji Banjarmasin Tahun 1443 H/2022 M. Acara tersebut berlangsung di Aula Jeddah Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (18/6/2022).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

(Sekretaris Daerah Prov. Kalteng/ Ketua PW. IPHI Kalteng Drs. H. Nuryakin, M.Si, didampingi Plt. Kepala Biro Kesra, Kakanwil Prov. Kalteng, dan Ketua MUI Kalteng berfoto bersama Jemaah Calon Haji Pronvisi Kalimantan Tengah)

Setelah sempat tertunda selama 2 Tahun dikarenakan Pandemi Covid 19 Alhamdulillah pada tahun ini Provinsi Kalimantan Tengah pada Tahun 2022, kembali memberangkatkan Jemaah Calon Haji berjumlah 752 orang yang tergabung dalam 3 kloter  yakni Kloter 5, 6 dan 7. Adapun Kloter 5 yang diberangkatkan ini berasal dari Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Gunung Mas, dan Kabupaten Pulang Pisau berjumlah 360 orang jamaah yang terdiri dari 160 orang laki-laki dan 200 orang perempuan.

Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran berpesan melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Drs. H. Nuryakin, M.Si yang juga selaku Ketua PW.IPHI Prov Kalteng, “Saya mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Haji seraya mendoakan semoga menjadi Haji yang Mabrur,” dalam sambutan pelepasan Jemaah Calon Haji.

Dalam sambutan pun disampaikan agar Jemaah Calon Haji memperhatikan beberapa hal, antara lain menyiapkan diri sebaik-baiknya, beradaptasi, dan membaur dengan seluruh Jemaah Calon Haji yang lainnya, dengan situasi dan kondisi yang ada di negara tersebut. “Hendaknya ibadah haji yang nanti Saudara-Saudari laksanakan akan bermuara pada perubahan perilaku dan mental spiritual, bukan hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain, daerah, bangsa, dan negara,” pesan Gubernur.

Para Jemaah Calon Haji juga diharapkan dapat mengembangkan semangat kebersamaan, toleransi, dan kasih sayang terhadap sesama serta menjaga kondisi kesehatan. “Kepada seluruh petugas, baik Tim Petugas Haji Daerah (PHD), Petugas Kloter, Petugas Kesehatan, maupun Petugas Pembimbing Ibadah Haji, agar mampu memberikan pelayanan dan pendampingan yang optimal bagi seluruh Jemaah Calon Haji Kalimantan Tengah,” ungkap Gubernur.

Gubernur juga berpesan agar selama menjalankan rangkaian Ibadah Haji, Jemaah menyelipkan doa bagi Tanah Air, khususnya Provinsi Kalimantan Tengah, agar senantiasa rukun, harmonis, damai, tenteram, aman, dan sejahtera dalam bingkai keberagaman dan kebersamaan selama melaksanakan Ibadah Haji di Tanah Suci, demi terwujudnya Kalteng BerAKHLAK Penuh KeBERKAHan.

(Penyerahan Uang Saku oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Drs. H. Nuryakin, M.Si secara simbolis kepada Ketua Kloter 5 Jemaah Calon Haji Kalimantan Tengah, H. Tuani Ismail)

Selanjutnya, acara pelepasan Jemaah Calon Haji ditandai dengan penyerahan secara simbolis sarung dan mukena serta uang saku dari Pemprov Kalteng untuk Jamaah Haji yang diserahkan Sekda Nuryakin kepada Ketua Kloter 5, H.Tuani Ismail.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalteng H. Noor Fahmi, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalsel sekaligus Ketua PPIH Embarkasi Banjarmasin H. Muhammad Thambrin, dan Ketua MUI Kalteng KH. Khairil Anwar, serta sejumlah pejabat di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel maupun Kalteng. (Set.IPHI Kalteng)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *