Inilah Perang Yarmuk, Peperangan Antara Muslim dan Kekaisaran Romawi

Perang Yarmuk
Perang Yarmuk
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id Perang Yarmuk dimulai pada tanggal 15 Agustus 636 M (7 Rajab 15 H) dan berlangsung selama 6 hari. Nama perang Yarmuk diambil dari tempat peperangan tersebut terjadi, tepatnya di sebelah sungai al Yarmuk, di Transyordania. Tempat tersebut dipilih oleh Bizantium, karena datarannya yang luas dan menampung pasukan besar mereka. Setelah berhari-hari serangan terus menerus datang Bizantium di pangkalan tentara Muslim, akhirnya Muslim memutuskan untuk menyerang pada hari ke-6.

Setelah menyerang Bizantium, Muslim berhasil menguasai tentara Bizantium, yang menurut beberapa sumber jumlahnya sepuluh kali lipat dari jumlah tentara Muslim. Strategi perang yang digunakan oleh Khaled Ibn al Walid berhasil membawa umat Islam menuju kemenangan, mengalahkan tentara Bizantium pada tanggal 20 Agustus 636 (12 Rajab 15 H). Peperangan berakhir dengan rute tentara Bizantium yang secara paksa diarahkan ke jembatan Yarmuk, di mana Khaled Ibn Al Waled sedang menunggu dengan sekelompok kavaleri untuk menghabisi pasukan yang melarikan diri.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Faktor kemenangan Islam dalam Perang Yarmuk

Bagaimana bisa pasukan Muslim menang melawan pasukan Bizantium yang jumlahnya lebih banyak? Mengutip dari Ancient Rome Live, ada banyak faktor yang melatarbelakangi kemenangan umat Islam, kebanyakan lebih terkait dengan gaya hidup orang-orang Arab, daripada strategi perangnya.

Seperti yang diketahui bahwa orang-orang Arab kebanyakan adalah seorang pengembara, hidup di iklim gurun yang keras dan sudah terbiasa dengan segala tantangan dan bahaya. Mulai dari cuaca yang keras dan ketidakamanan hidup di habitat liar.

Selain itu, orang-orang Arab Juga memang merupakan suku-suku yang berperang, hidup dalam konflik tanpa akhir atas makanan dan air. Sehingga bagi mereka peperangan sudah menjadi sebuah kebiasaan hidup.

Seperti disebutkan, sifat orang Arab dan cara hidup mereka memainkan peran penting dalam kemenangan ini, tetapi bahkan tentara terbaik di dunia tidak dapat mengalahkan tentara Bizantium tanpa strategi militer yang baik. Sebenarnya, Khilafah Rashidun adalah perencana perang yang sangat baik. Bahkan memilih tanggal pertempuran adalah salah satu strategi paling cerdas mereka.

Perang Yarmuk terjadi pada tanggal 15 Agustus 636 hanya beberapa tahun setelah perang abadi yang brutal antara Bizantium dan Sassania dari tahun 602 hingga 628. Pada tahun 628 kedua pasukan kelelahan, dan menelan banyak kerugian, yang menciptakan peluang emas bagi umat Islam untuk menyerang mereka di berbagai tempat dari tahun 629 M hingga mencapai klimaksnya dalam Perang Yarmuk pada tahun 636.

Dampak dari Perang Yarmuk

Perang Yarmuk merupakan salah satu peperangan paling penting dalam sejarah dan selalu terlintas dalam pikiran untuk berbicara tentang penaklukan Muslim atau budaya Muslim. Hal itu dikarenakan peperangan ini adalah pintu yang memungkinkan orang-orang dan budaya Muslim yang lebih luas hingga untuk mencapai ke seluruh dunia. Hal ini memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk berekspansi ke luar Jazirah Arab. Setelah kemenangan di Perang Yarmuk, Muslim mengambil Suriah dan Levant dan mengakhiri kekuasaan Bizantium selamanya di daerah tersebut. (Dikatakan bahwa ketika kaisar Heraclius meninggalkan Suriah dia berkata, “Selamat tinggal, Suriah, provinsiku yang adil. Kamu sekarang adalah musuhku”.)

Perang Yarmuk mengubah kehidupan umat Islam dan juga mengubah mereka dari yang tadinya hanya seorang perantau menjadi penduduk kota. Di Suriah, di mana umat Islam mengambil alih kota-kota Romawi dan Bizantium, mereka belajar banyak tentang perencanaan kota saat mereka mulai membangun kota baru mereka sendiri.

Faktor terjadinya Perang Yarmuk

Setelah kematian Nabi Muhammad pada tahun 632, kaum Muslim telah memperkuat cengkraman mereka di Jazirah Arab. Mereka mulai berpikir untuk berekspansi di luar tanah air mereka dengan mempertimbangkan realitas geopolitik langsung mereka. Pada saat itu kaum Muslim memiliki dua tetangga yang berbahaya, Persia di timur laut, dan Bizantium di barat laut. Keadaan politik ini akan berdampak pada kisah pasukan kecil orang nomaden yang mampu membawa dua kerajaan terbesar di dunia bertekuk lutut, menghapus Kekaisaran Persia dari peta dan mengalahkan Kekaisaran Bizantium dalam Perang Yarmuk.

Edward Gibbon membahas ketegangan politik dalam bukunya ‘The History of the Decline and Fall of the Roman Empire’ yang mengatakan: ‘Pada masa kemenangan Republik Romawi, telah menjadi tujuan senat untuk membatasi legiun pada satu perang dan sepenuhnya untuk menekan musuh pertama sebelum mereka memprovokasi permusuhan kedua. Pepatah ini diremehkan oleh kemurahan hati dan antusiasme para khalifah Arab. Dengan kekuatan dan keberhasilan yang sama mereka menyerbu penerus Augustus dan penerus Artaxerxes; dan monarki saingan pada saat yang sama menjadi mangsa musuh yang telah lama mereka benci.’

Mengetahui kekuatan tentara Persia dan Bizantium saat itu, peluang kemenangan Muslim tampaknya hampir tidak mungkin, terutama karena tentara Bizantium memiliki apa yang disebut Arthur Ferril dalam bukunya ‘The origin of war’, ‘tentara yang terintegrasi secara taktis’ . Namun formasi tentara itu, yang telah digunakan untuk penaklukan yang sukses selama berabad-abad, tidak cukup untuk menjamin kemenangan tentara Bizantium yang dipimpin oleh Vahan, saudara Kaisar Romawi Heraclius, melawan Khaled Ibn al Walid pemimpin tentara Muslim. Bahkan, sumber merayakan Khaled Ibn al Walid juga dikenal sebagai Saif Allah (pedang Tuhan) setelah kemenangan yang tak terlupakan sebagai ahli taktik dan pemimpin perang.

Selama masa Perang Yarmuk, Khaled Ibn al Walid bukanlah pemimpin tentara Muslim yang sebenarnya. Dirinya telah dipindahkan dari posisi ini setelah kematian Khalifah Abu Bakar, pertama dari Kekhalifahan Rashidun pada tahun 634 M (13 H) yang awalnya memilih dia untuk memimpin tentara Muslim.

Dengan kedatangan Khalifah Umar yang baru, yang sama sekali tidak menyukai Khaled Ibn al Walid, dan berpikir dia memiliki kepribadian yang terlalu kuat. Dia memindahkannya dari komando dan mengangkat Abu Ubaidah di posisi tersebut. Abu Ubaidah adalah orang yang tenang, pendiam, dan mengetahui bahwa dia tidak memiliki kekuatan dan taktik yang tepat untuk memimpin pertempuran melawan Bizantium akhirnya menyerahkan tugas dan posisinya demi Khaled Ibn al Walid di awal perang.

Dia mengakui bahwa Khaled Ibn al Walid adalah pemimpin yang lebih baik untuk perang tersebut, karena taktik perangnya yang cerdik dan pengalamannya di lapangan. (Khaled Ibn al Walid telah berperang dengan Kekhalifahan Rasyidin berada di Uhud pada tahun 624M (3 H) di mana ia membantu mereka dalam menekan pemberontakan kaum Muslimin melawan Khilafah Rashidun untuk mengambil alih kekuasaan setelah kematian Nabi. Khaled Ibn Al Walid menggunakan taktik perang yang sama di Uhud yang digunakan dalam Perang Yarmuk, dan itu terbukti sangat efektif.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *