Metode Unik Yang Membuat 40% Santri Planet Nufo Bisa Kitab Gundul

Santri Planet Nufo Bisa Kitab Gundul
Santri Planet Nufo Bisa Kitab Gundul
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Planetnufo.com: “Apa metode yang paling efektif membuat mereka bisa membaca teks Arab dengan i’rabnya, Bah?”

Abana: “Nah, ini benar-benar hasil inovasi saya selama sewindu terakhir, saya mulai sejak 2014 di Monasmuda Institute Semarang. Saya terus mencari cara yang lebih baik lagi. Dan ini saya lakukan karena ada kaitannya juga dengan metode menghafalkan al-Qur’an. Saya ingin mereka hafal dengan lebih cepat. Padahal menghafal tanpa arti membutuhkan usaha tujuh kali lipat. Jadi menghafal tanpa arti, 30 juz, itu nyaris tak mungkin.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kalau hanya pernah menghafal, itu beda lagi. Maksudnya, hafal terus hilang. Karena itu, mereka saya tuntut mereka untuk tahu artinya terlebih dahulu. Lalu saya menemukan masalah ketika anak-anak saya yang masih sangat belia kesulitan menangkap makna ayat-ayat al-Qur’an kalau harus memulai dari juz awal, akhir, atau surat-surat tertentu yang pendek dan saya anggap mudah dihafalkan. Akhirnya, saya mencoba surat Yusuf agar dijadikan sebagai materi awal para santri berlatih memaknai dan kemudian dihafalkan. Surat Yusuf menjadi pilihan karena kalimatnya sederhana, dan isinya juga kisah yang sederhana. Karena itu, anak-anak usia SD, apalagi SMP bisa menangkap isi kisahnya.

Planetnufo.com: “Kalau surat Yusuf memang semua ayatnya mudah ya?”

Abana: “Relatif demikian. Hanya kisah yang urut saja. Kecuali halaman terakhir. Waktu itu yang jadi masalah hanya ayat yang berkaitan dengan Zulaikah menggoda Nabi Yusuf dan merobek gamisnya dari belakang. Anak saya tanya tentang itu. Kenapa Zulaikha merobek baju Nabi Yusuf. Ini kan persoalan orang dewasa. Di atas 18 tahun ini. Saya jelaskan pelan-pelan. Tapi ayat-ayat yang lain, bisa dipahami dengan mudah, dan kemudian saya jadikan sebagai ayat modal. Saya memastikan santri-murid, baik di Monasmuda Institute maupun di Planet NUFO memaknai seluruh ayat di surat Yusuf dengan i’rab secara detil. Setelah itu menghafalkannya.

Dengan menghafalkannya setelah tahu i’rabnya, maka mereka akan mengerti pola kalimat. Dan pola kalimat di surat Yusuf itu kan juga digunakan dalam surat-surat yang lain, kecuali shighat ta’ajjubiyah yang ada di surat al-Kahfi: 26. Jadi, kalau surat Yusuf dikuasai maknanya, santri-murid akan bisa memaknai surat-surat yang lain, sesuai dengan perkembangan intelek mereka. Ini ibarat kita mengajari anak-anak kita berenang di kolam renang di rumah. Setelah itu, mereka bisa berenang di sungai atau di laut. Hanya ada beberapa penyesuaian, karena ada beberapa keadaan yang tidak sama. Di sungai ada arus yang bisa menyeret saat banjir. Di laut kadang ada gelombang besar yang bisa menyeret ke tengah. Itulah kenapa santri juga diajari wazan atau pola kata fa’ala, yaf’ulu, fa’lan. Itu kan untuk memudahkan penerapannya pada kata-kata lain, seluruhnya. Nah, modalnya ini menghafal surat Yusuf sebagai contoh kalimat yang mudah.” (AH)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *