SBY Tahu, Tapi Ragu

SBY Tahu
Arie Putra, co-founder Total Politik, host Adu Perspektif, detikcom X Total Politik
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Meskipun bukan AHY yang menjadi capres atau cawapres koalisi ini, pertaruhan untuk terus jalan akan memberikan hasil yang sepadan bagi SBY. Tentu, AHY akan mendapatkan posisi pemerintahan yang sangat strategis nantinya. Mengingat karir politik AHY yang masih panjang, pengalaman pemerintahan sangat diperlukan untuk menjaga eksistensi.

Saat ini, nama AHY merupakan tokoh termuda yang selalu masuk daftar sepuluh besar hasil survey. Apalagi lima sampai sepuluh tahun lagi, AHY akan dengan mudah menyalip nama-nama lainnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pilihan lainnya untuk SBY adalah membiarkan Koalisi Perubahan bubar. Kemudian, dua partai lainnya bergabung dengan kekuatan politik yang sudah terbentuk. Skenario yang ditakutkan SBY mengenai pilpres yang dua pasangan sangat mungkin terjadi.

Kemungkinan terburuknya adalah Partai Demokrat tidak diajak bergabung dengan koalisi manapun. Pada pilpres berikutnya, Partai Demokrat pun hanya akan jadi penonton.

Tentunya, skenario tersebut sangat menakutkan. Bukan hanya bagi SBY, tetapi juga bagi catatan sejarah kompetisi elektoral kita. Bekas partai penguasa harus mendekam sunyi-sendiri, suara rakyat yang dititipkan bakal sia-sia.

Politik jegal-menjegal dapat dikalahkan dengan keyakinan SBY untuk membentuk Koalisi Perubahan. Sebagai kekuatan luar pemerintahan, Partai Demokrat berkepentingan mengajukan kandidat alternatif. Tujuan tersebut jauh lebih penting dibandingkan hal-hal lainnya.

SBY pasti sudah memiliki hitungan sendiri. Namun, keraguan selalu dapat menghambat kesempatan-kesempatan. Sementara, keyakinan SBY akan menghidupkan pilihan, menyalakan api demokrasi yang menghadirkan alternatif di luar kandidat yang dekat dengan istana pada pilpres nanti. [dtk]

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *