Tragedi Kanjuruhan, Wakil Ketua PWNU Jatim Minta Pihak Terkait Tanggung Jawab: Kapolda dan Pengurus PSSI Wajib Mundur!

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Wakil Ketua PWNU Jatim, KH Abdussalam Shohib (Gus Salam) menegaskan, agar pengurus PSSI dan Polri bertanggung jawab atas tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang pasca laga Arema FC vs Persebaya, Sabtu (1/10/2022) malam.

Dalam tragedi itu setidaknya 129 suporter lebih meninggal dan ratusan lainnya luka. Atas kejadian itu, kata Gus Salam, PSSI sebagai penyelenggara liga dan Polri sebagai penanggung jawab keamanan dan ketertiban harus bertanggung jawab.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“PSSI wajib bertanggung jawab. Semua pengurusnya harus mundur. Itu sebagai bentuk respect terhadap korban dan keluarganya,” tegas Gus Salam melalui keterangan tertulisnya kepada media, Minggu (2/10/2022) petang.

Selain itu, Kapolri juga harus tegas. “Kapolri wajib mencopot Kapolda Jatim dan Kapolres Malang, itu sebagai bentuk pertanggungjawaban pimpinan,” tandas Gus Salam.

Di pihak lain, Gus Salam juga minta pemerintahan Jokowi menghentikan kompetisi. “Sampai ada pernyataan resmi FIFA, kompetisi harus dihentikan,” tukas Gus Salam.

Untuk mengungkap detail tragedi ini, Gus Salam juga minta pemerintah membentuk tim investigasi dengan melibatkan FIFA, aparat penegak hukum, ahli yang independen dan Komnas HAM. “Harus tegas. Pemerintah harus mengungkap tragedi ini sampai tuntas, hingga akar masalahnya,” pungkas Gus Salam. (dbs).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *