Penting! Lakukan 8 Hal Ini, Agar Ginjal Tak Cepat Rusak

Agar Ginjal Tak Cepat Rusak
Agar Ginjal Tak Cepat Rusak. Foto/ilustrasi: unsplash
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Merokok bisa merusak pembuluh darah tubuh Anda. Hal ini menyebabkan aliran darah lebih lambat ke seluruh tubuh Anda dan ke ginjal. Merokok juga menempatkan ginjal Anda pada peningkatan risiko kanker. Jika Anda berhenti merokok, risiko Anda akan turun. Namun, perlu waktu bertahun-tahun untuk kembali ke tingkat risiko seseorang yang tidak pernah merokok.

7. Waspadai jumlah obat-obatan yang Anda minum 

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Jika Anda secara teratur minum obat pereda nyeri yang dijual bebas berpotensi menyebabkan kerusakan ginjal. Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), termasuk ibuprofen dan naproxen, dapat merusak ginjal Anda jika Anda meminumnya secara teratur untuk nyeri kronis, sakit kepala, atau radang sendi. Orang tanpa masalah ginjal yang minum obat sesekali kemungkinan besar akan sembuh. Namun, jika Anda menggunakan obat-obatan ini setiap hari, Anda sama saja mempertaruhkan kesehatan ginjal. Lebih baik bicarakan dengan dokter Anda tentang perawatan yang aman untuk ginjal untuk mengatasi rasa sakit.

8. Lakukan tes fungsi ginjal jika Anda berisiko tinggi 

Jika Anda berisiko tinggi mengalami kerusakan ginjal atau penyakit ginjal, ada baiknya melakukan tes fungsi ginjal secara teratur.

Jika Anda termasuk dalam kategori berikut, lebih baik melakukan  pemeriksaan rutin.

  • Berusia di atas 60 tahun
  • Lahir dengan berat badan lahir rendah
  • Memiliki penyakit kardiovaskular atau memiliki keluarga dengan penyakit tersebut.
  • Memiliki tekanan darah tinggi atau keluarga dengan riwayat penyakit yang sama.
  • Mengalami obesitas
  • Merasa mengalami kerusakan ginjal

Tes fungsi ginjal secara teratur adalah cara yang bagus untuk mengetahui kesehatan ginjal Anda. Tindakan ini bisa membantu memperlambat atau mencegah kerusakan ginjal di masa mendatang.

banner 800x800