Aduh, Tahun Depan Suram, Sri Mulyani Akui RI Bakal Kena Getahnya!

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Perekonomian dunia yang diramalkan memburuk pada 2023 akan memberikan dampak terhadap Indonesia. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungungkapkan dampaknya terlihat dalam pertumbuhan ekonomi.

Hal ini disampaikan oleh Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita, Selasa (20/12/2022). Sederet lembaga multilateral memperkirakan ekonomi Indonesia tahun depan akan lebih rendah dari 2022.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Tahun depan forecast ekonomi Indonesia agak lebih rendah dibandingkan tahun ini karena environment global akan melemah secara tidak langsung juga akan mempengaruhi kinerja perekonomian Indonesia tahun depan,” kata Sri Mulyani.

Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan ekonomi Indonesia pada 2023 sebesar 5%, Bank Dunia 4,8%, ADB 5% dan OECD 4,7%.

Tekanan paling besar akan terasa dari sisi ekspor, sebab mitra dagang utama Indonesia alami perlambatan hingga resesi ekonomi. Amerika Serikat (AS), Eropa dan China adalah tiga di antaranya.

Sri Mulyani mengatakan, pemerintah akan mengoptimalkan mesin pertumbuhan lainnya, seperti konsumsi, investasi dan belanja pemerintah. “Kita punya sumber lain yang bisa dioptimalkan,” ujarnya.

Sumber: cnbcindonesia

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *