Humor Gus Dur: Siapa yang Bayar Demonstran?

Humor Gus Dur: Siapa yang Bayar Demonstran?
Gus Dur
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Presiden keempat Republik Indonesia, KH. Abdurrahman Wahid atau biasa disapa Gus Dur memang sering dikenal suka bercanda. Humor ini sebagian besar berhasil membuat orang tertawa, untuk meredakan ketegangan politik saat itu.

Salah satunya adalah humor yang dikutip dari buku ‘Mati Tertawa Bareng Gus Dur’. Aliksah, kala waktu senggang, Gus Dur menyempatkan diri mendengar atau menonton atraksi wayang. Pengetahuannya mengenai dunia perwayangan, membuat dirinya sesekali melontarkan guyonan terkait wayang.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dia sempat bercanda tentang demonstran dan mengaitkannya dengan tokoh perwayangan. Gus Dur menceritakan jika Punakawan selalu digambarkan sebagai kesatria. Musuhnya jelek-jelek semua, misalnya Buto Cakil. Punakawan sering diculik, dibawa berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Kendati demikian, menurut Ki Tedjo, sekarang semuanya serba tak jelas. Perilaku kesatria pun tak jelas. Termasuk yang menjadi Punakawan pun tak jelas dan yang disebut istana pun tak jelas. Sebab, saat ini masih banyak istana, ada yang di Cendana, ada yang di sana, pokoknya di mana-mana.

“Supaya rakyat tentram, mbok ya (para elite politik) itu kalau berantem caranya yang cerdas lah. Rakyat seperti kita ini kan juga perlu tahu. Bukan begitu, Gus?,” tanya Ki Tedjo.

“Sebelum tahu istananya, harus tahu dulu siapa demonstrannya,” jawab Gus Dur

“Ya sebelum tahu demonstrannya, harus tahu dulu siapa yang membayari,” ujarnya lagi.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *