Kultum 5: Larangan Iri dan Iri yang Dibolehkan

Larangan Iri dan Iri yang Dibolehkan
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Ingat bahwa kalau toh kita punya TV layar datar ukuran 52 inchi dan antenna parabola yang menjangkau semua siaran kesukaan kita, syetan akan mempunyai lebih banyak cara untuk menggoda kita. Misalnya saja, syetan akan selalu mengingatkan kita kepada siaran-siaran yang bagus agar kita tidak konsentrasi dan khsusu’ dalam sholat. Akibatnya, ketika sholat kita akan terus terbayang siaran-siaran TV dari berbagai chanel. Nah, ini juga kerugian lagi yang lebih besar, dan banyak lagi.

Untuk itu mari kita lihat pesan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam,

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

لاَ حَسَدَ إِلاَّ فِى اثْنَتَيْنِ رَجُلٌ آتَاهُ اللَّهُ مَالاً

فَسُلِّطَ عَلَى هَلَكَتِهِ فِى الْحَقِّ  وَرَجُلٌ آتَاهُ

اللَّهُ الْحِكْمَةَ ، فَهْوَ يَقْضِى بِهَا وَيُعَلِّمُهَا

Artinya:

Janganlah hasad kecuali pada dua orang, yaitu orang yang Allah karuniakan (ilmu) Qur’an lalu dia berpegang teguh padanya malam dan siang, dan orang yang Allah beri karuniakan harta lalu ia menafkahkannya (di jalan Allah) malam dan siang (HR. Bukhari, Tarmidzi, dan Nasa’i).

Siapa saja yang memiliki harta lalu dimanfaatkan atau dinafkahkan di jalan Allah maka ini adalah sesuai kodratnya. Maksudnya, harta itu milik Allah dan kita hanya dititipi untuk kita nafkahkan di jalan Allah. Demikian juga dengan ilmu, apalagi ilmu Qur’an. Ilmu Qur’an itu juga titipan Allah. Karena titipan maka ilmu itu haruslah disebarluaskan, diajarkan, dimanfaatkan di jalan Allah.

Semoga sedikit yang kit abaca ini bermanfaat bagi kita semua, kalau sekiranya kultum ini bisa bermanfaat bagi yang lain, mari kita bagikan kepada sanak saudara dan semua sahabat kita, semoga menjadi amal jariyah kita semua, aamiin.

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat kita untuk bersyukur karena dijadikan Allah hamba yang beriman, dan kalau sekiranya kultum ini memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh     

—ooOoo—

 

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *