Faktor Kemunduran Islam Menurut Ibnu Khaldun

Faktor Kemunduran Islam Menurut Ibnu Khaldun
Faktor Kemunduran Islam Menurut Ibnu Khaldun
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idFaktor kemunduran Islam datang setelah peradabannya mencapai masa keemasannya. Masa-masa keemasan tersebut dapat dilihat dari peradaban Islam terdahulu yaitu Bagdad, Kaherah, Qairawan, Cordova dan lain-lain.

Bukti nyata ini membuktikan perkembangan berbagai aspek peradaban Islam dalam kaligrafi, musik, sains dan teknologi, sistem pendidikan, perpustakaan, kedokteran, dll.

Lantas apa saja faktor penyebab kemunduran Islam?

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Faktor Kemunduran Islam Menurut Ibnu Khaldun

Faktor kemunduran Islam kali ini diangkat oleh Ibnu Khaldun, beliau adalah seorang tokoh sejarawan sekaligus sosiolog muslim modern yang karyanya masih bisa dipelajari dan sangat dihormati. Salah satu karyanya yang terkenal adalah Muqaddimah (pendahuluan/pengantar)

Beliau juga dikenal sebagai bapak pendiri ilmu historiografi, sosiologi, dan ekonomi. Tokoh yang lahir di Tunisia pada 1 Ramadan 732 H atau 27 Mei 132 M ini juga berpengaruh dalam politik Islam.

1. Faktor Internal

Dikutip dari Konsep Tamadun Islam Sains dan Teknologi karya Esa Khalid disebutkan bahwa terdapat beberapa faktor kemunduran Islam menurut Ibnu Khaldun. Faktor-faktor internal tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  • Penyalahgunaan dan perebutan kekuasaan
  • Munculnya dinasti-dinasti kecil yang memerdekakan diri
  • Perampasan hak orang lain
  • Kerja secara paksa
  • Korupsi
  • Berkurangnya nilai moral
  • Muncul aliran sesat menjauhkan dari agama
  • Ketidakadilan

Disampaikan oleh Ibnu Khaldun yang dikutip dari buku tersebut, aspek atau faktor dari masyarakat Islam sendiri inilah yang menjadi penyebab kemunduran Islam. Namun, perlu diketahui bahwa Ibnu Khaldun tidak melihat faktor-faktor ini berasal dari individu manusia, namun fenomena yang dihasilkan dari masyarakat secara keseluruhan yang dilihat olehnya.

2. Faktor Eksternal

Selain dari faktor dalam tubuh masyarakat dan pemerintahan peradaban Islam sendiri, terdapat faktor eksternal atau luar yang mempengaruhi kemunduran Islam. Dikutip dari buku Sejarah Peradaban Islam karya Wandi disebutkan terdapat kurang lebih ada dua faktor eksternal utama yang mempengaruhi.

  • Perang Salib

Perang salib yang berkepanjangan menimbulkan dampak yang cukup besar kepada peradaban Islam pada masa itu. Selain dari timbulnya perselisihan dan konflik, perang salib menelan banyak korban dan daerah di kubu Islam. Beberapa daerah yang dikuasai adalah Nicea, Edessa, Baitul Maqdis, Akka, Tripoli, dan kota Tyre.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *