Ini 8 Manfaat Sarapan Telur Rebus Setiap Hari

Manfaat Sarapan Telur Rebus
Manfaat Sarapan Telur Rebus. Foto: pixabay
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Makan telur rebus di pagi hari menjadi salah satu alternatif sarapan sebelum kita memulai aktivitas sehari-hari. Telur adalah pembangkit tenaga protein yang membantu tubuh kita mempertahankan diri untuk kesehatan.

Berikut adalah manfaat telur rebus untuk sarapan pagi yang jarang diketahui orang:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Protein Berkualitas Tinggi

Sebagai makanan berprotein tinggi, telur rebus bisa menjadi bahan pembangun bagi tubuh kita. Mereka punya peran penting dalam menjaga perbaikan dan kekuatan otot atau jaringan. Dalam satu telur rebus, terdapat sekiranya 6,3g protein.

Ada studi yang menunjukkan bahwa protein pada telur rebus punya manfaat yang signifikan. pasalnya, mereka mengandung sembilan asam amino esensial, yang mana bisa sangat membantu pertumbuhan, pemulihan, dan pemeliharaan otot.

Memang, tentu saja jenis makanan lain mungkin memiliki jumlah protein yang lebih tinggi. Meski begitu, kualitas protein pada telur sangat bagus sehingga hampir tak ada tandingannya. Apalagi, protein ini juga bisa mempercepat penurunan berat badan, penambahan massa pada otot, kontrol tekanan darah, sampai kesehatan tulang.

2. Mengandung Kolesterol Baik

Telur rebus juga punya banyak kolesterol, tetapi yang baik. Sebutir telur punya jauh lebih dari setengah asupan harian yang direkomendasikan, yakni sekitar 212 mg kolesterol makanan yang berbeda dengan kolesterol darah yang lebih tinggi.

Kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) akan meningkat setelah kita memakan telur rebus. Meski begitu, belum ada penelitian yang cukup membuktikan pengaruh kolesterol ini terhadap risiko penyakit jantung.

Berdasarkan hasil penelitian, kalau hati kita ini dapat menghasilkan kolesterol. Dengan memakan telur, maka kolesterol yang dihasilkan hati akan lebih rendah. Jadi, semuanya akan lebih seimbang.

Jenis kolesterol yang berisiko untuk jantung ialah low-density lipoprotein atau LDL. Mereka terkadang dikenal sebagai kolesterol “jahat”. Dalam peningkatan kadar kolesterol LDL sendiri, telur bukanlah penyebabnya. Justru, telur meningkatkan HDL secara konsisten, yang mana bisa berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, serta kondisi medis lainnya.

3. Menyediakan Kolin

Tahukah Grameds, apa itu kolin? Ia adalah jenis nutrisi yang tak dikenal oleh kebanyakan orang awam, tetapi merupakan komponen yang sangat penting untuk sintesis membran sitoplasma. Kolin juga punya peran dalam menciptakan sinyal kimia di otak kita.

Kolin juga merupakan mikronutrien penting. Meski punya gejala yang menghancurkan, untungnya, kekurangan kolin yang satu itu jarang terjadi. Kandungan ini pun berlimpah dalam telur utuh, sampai adanya 100 mg dalam setiap telur rebus. Bisa dibilang, telur adalah sumber makan terbaik dengan kolin.

4. Sumber Vitamin D yang Sangat Baik

Kuning telur merupakan salah satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D alami. sekitar 82 persen dari kebutuhan vitamin D harian kita bisa terpenuhi dengan makan dua telur rebus.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *