Hikmah Malam: Empat Keutamaan Bulan Dzulqadah

Keutamaan Dzulqa'dah
Keutamaan Dzulqa'dah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Alhamdulillah, kita masih diberi kesempatan untuk berada di bulan Dzulqa’dah, bulan kesebelas dalam kalender Hijriyah. Salah satu bulan istimewa yang penuh berkah.

Namun, tahukah Anda apa saja keistimewaan bulan yang satu ini sehingga kita tidak layak untuk mengisinya kecuali dengan amal kebaikan?

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Setidaknya ada empat keutamaan yang hadir pada bulan ini.

*Pertama*, Dzulqa’dah adalah satu dari empat bulan haram, selain Rajab, Zulhijjah dan Al-Muharram. Dalam sebuah hadits disebutkan:

“Satu tahun itu dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram. Tiga bulan berturut-turut yaitu Dzulqa’dah, Zulhijjah, Al-Muharram dan bulan Rajab Mudhar yang terletak antara Jumada’ Akhirah dan Sya’ban.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

*Kedua*, setiap amal kebaikan yang dilakukan pada bulan haram mendapat pelipatgandaan lebih banyak dibandingkan bulan lainnya, demikian pula perbuatan maksiat, Allah lipat gandakan catatan dosanya.

*Ketiga*, Dzulqa’dah termasuk satu dari tiga bulan haji selain Syawal dan Zulhijjah.

*Keempat*, Dzulqa’dah dipilih oleh Rasulullah ﷺ sebagai waktu untuk berangkat umrah. Maka, dari empat kali beliau berumrah, semuanya dilakukan pada bulan Dzulqa’dah.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *