Kultum 246: Efek Islamofobia pada Pemuda Muslim

Efek Islamofobia
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Isu “Perempuan dengan Kekerasan” merupakan masalah keempat yang sering dialami Pemuda Muslim. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa dua pesan utama Islamofobia yang sering muncul di media adalah (1) kekerasan Islam, dan (2) penindasannya terhadap perempuan. Sementara berbagai komunitas Muslim telah memprioritaskan mendorong kembali asosiasi dengan kekerasan sejak 9/11, masalah ketidakadilan gender telah menjadi prioritas yang lebih besar untuk diparhatikan.

Di satu sisi banyak Pemuda Muslim percaya bahwa Islam pada dasarnya TIDAK mengandung kekerasan, sejumlah besar lainnya mengasosiasikan Islam dengan penindasan terhadap perempuan. Jadi, sementara satu masalah diusahakan untuk dieliminir, masalah yang lain sengaja dibangun oleh pihak yang tidak menyukai Islam.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Masalah kelima adalah adanya “Pemberdayaan yang sering terbentur Hambatan”. Kita sering melihat bahwa kaum muda Muslim di berbagai negara sering mengalami identitas Islam sebagai ‘penghalang’ kesempatan mereka untuk sukses. Adalah bukan rahasia lagi bahwa kita sebagai Muslim harus mengkompromikan prinsip-prinsip kita untuk sampai berhasil dan sampai ke tujuan.

Jelasnya begini, di satu sisi keterlibatan dalam upaya berkontribusi yang bersifat sukarela memang membantu kaum muda Muslim di Barat merasa diberdayakan oleh keimanan mereka. Namun di sisi lain, model peran yang lebih kontemporer juga diperlukan untuk menawarkan narasi yang meyakinkan.

Singkatnya, Pemuda Muslim memang sedang menghadapi masa-masa yang sangat menantang, dan membutuhkan dukungan proaktif untuk tetap kuat dalam iman dan identitas mereka. Semoga Allah membimbing mereka dan kita semua, serta mencurahkan kesabaran yang cukup untuk tetap menggenggam bara yang semakin panas, aamiin.

Semoga sedikit yang kita baca ini bermanfaat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa bermanfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                                —ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *