Prestasi Irjen Karyoto di KPK Tangkap Dua Menteri dan Sempat Mau Disingkirkan Firli Bahuri

Prestasi Irjen Karyoto di KPK
Irjen Karyoto
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Nama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto kembali menjadi sorotan. Itu sebabnya, dia diduga mengancam sejumlah pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi terkait kasus korupsi di KPK yang melibatkan nama Mohammad Suryo.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Alexander Marwata. Alex sendiri mengaku mendengar ancaman tersebut terhadap pimpinan KPK. Mereka bisa dituding mengancam pimpinan KPK. Apa sepak terjang yang dilakukan Irjen Karyoto?

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sepak Terjang Irjen Karyoto di KPK

Irjen Pol Karyoto ditugaskan sebagai Deputi Penindakan dan Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak tahun 2020. Selama bertugas di KPK, Karyoto sempat menangani berbagai kasus besar.

Pada tahun pertama dia menjabat, Karyoto menangani kasus korupsi yang menjerat dua menteri Presiden Joko Widodo. Pertama, Jenderal Bintang 2 itu sempat menangani kasus Eks Menteri KKP Edhy Prabowo pada kasus ekspor benur.

Kedua Irjen Karyoto juga turut menangani korupsi Menteri Sosial Juliari Batubara yang terjerat kasus Bansos Covid-19.

Hingga pada Maret 2023, Irjen Karyoto diangkat jadi Kapolda Metro Jaya. Pengangkatan Karyoto berdasarkan Surat Telegram No. ST/713/III/KEP/2023 pada 27 Maret 2023 yang menggantikan menggantikan Irjen Pol Muhammad Fadil Imran.

Pengangkatan tersebut membuat Irjen Pol Karyoto tak lagi bertigas di KPK.

Sebelunya sempat beredar kabar bahwa Firli saat menjadi Ketua KPK mengajukan rekomendasi agar Karyoto ditarik dari KPK.

Surat rekomendasi itu disampaikan kepada Mabes Polri untuk menarik kembali Karyoto ke Polri dan Direktur Penyelidikan Endar Priantoro. Surat Firli diduga terkait dengan penanganan perkara dugaan korupsi Formula E Jakarta.

Sumber: suara

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *