Kultum 315: Berpikir Masuk Islam, Punya Beberapa Pertanyaan

Berpikir Masuk Islam
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Pembaca yang dirahmati Allah,

Hajinews.co.id – Seorang bernama Christopher Todd sedang mempertimbangkan untuk masuk Islam dan memiliki beberapa pertanyaan. Dia bertanya, “Apakah namanya diperbolehkan, atau haruskah diubahnya karena memiliki arti yang tidak Islami? Todd berarti rubah, pintar atau cerdik (dan mungkin berniat untuk menipu), dan Christopher berarti pembawa Kristus.

Pertanyaan dia selanjutnya adalah rambut pada laki-laki, rambut Todd panjang, melewati bahu tetapi rapi dan tetap bersih, apakah dia diperintahkan untuk memotongnya jika jadi mualaf? Jenggotnya sudah dalam dan panjang. Pertanyaan terakhirnya adalah dia masih meneliti dan mencoba untuk menghilangkan keraguan, apakah dia harus mengucapkan Syahadat sekarang atau menunggu dan lebih dulu menghilangkan keraguannya dan mengucapkannya dengan pikiran yang jernih?”

Konselor Islam bernama Daud Matthews menjawab sebagai berikut. “Apakah anda senang dengan arah hidup anda, dengan keputusan untuk memeluk Islam? Jika anda merasakan kedamaian dalam diri anda, dan anda sedang mencari ilmu, maka tidak ada alasan untuk menunda. Cobalah untuk berbicara dengan Allah dan meminta Dia untuk menunjukkan jalan. Ini harus membawa kedamaian di hati anda. Anda dapat menemui lebih banyak tekanan pada diri anda ketika anda mememluk Islam, dan anda perlu menjelaskan kepada orang lain bagaimana dan mengapa anda telah mengambil keputusan ini”.

“Akan lebih mudah jika pikiran anda jernih. Itu saja yang anda butuhkan untuk merasa nyaman. Insya Allah, segala sesuatu yang lain akan jatuh ke tempatnya bersama waktu. Terima kasih atas kepercayaan yang anda tunjukkan kepada kami dengan pertanyaan anda. Setiap orang yang masuk Islam memiliki pertanyaan serupa. Jadi itu seharusnya tidak menghalangi anda. Pertama, disarankan agar anda tidak mengubah nama keluarga, nama keluarga, atau nama ayah anda.

Anda disarankan untuk mengganti nama depan jika ada arti yang jelas tidak Islami. Jika anda berniat berada di perusahaan Muslim maka lebih baik untuk mengubahnya menjadi nama yang akan membantu anda untuk ‘mengidentifikasi’ (agar dikenali) dengan mereka. Anggota keluarga anda mungkin masih lebih suka memanggil anda dengan nama asli anda. Nama-nama yang diutamakan adalah Abdul dengan akhiran sifat Allah. Misalnya Abdul-Rahman, Abdullah dan lain-lain”.

“Atau nama nabi misalnya Daud, Suleiman, Muhammad, dan lain-lain. Atau nama yang memiliki keutamaan misalnya Ahmad, artinya banyak terpuji. Rambut dapat dianggap sebagai pilihan pribadi tetapi kami memiliki praktik Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam untuk membimbing kami. Ya, itu harus bersih dan rapi dan panjangnya bukan masalah nyata. Sunnah, amalan terbaik, yaitu amalan Nabi adalah panjang jenggot sekitar lebar tangan, sekitar 12 cm. Tapi sunnah adalah rekomendasi hanya dalam kasus ini”.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *