Kultum 328: Dahsyatnya Membaca dan Belajar Al-Qur’an

Dahsyatnya Membaca dan Belajar Al-Qur’an
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Pembaca yang dirahmati Allah,

Hajinews.co.id – Sebagai kitab suci yang wajib diimani, belajar membaca Al-Qur’an sungguh akan mengahasilkan berbagai hal luar biasa. Dan ketika sudah lancar membaca Al-Qur’an, berbagai kebahagiaan baru pun akan bermunculan lagi dan lebih banyak lagi. Bukan hanya pahala yang diperoleh, tetapi juga berbagai macam keutamaan dari membaca Al-Qur’an.

Selain shalat lima waktu, membaca Al-Qur’an juga termasuk ibadah yang penuh dengan pahala kebaikan. Tidak heran umat Islam berlomba-lomba menyelesaikan atau menghatamkan membaca Al-Qur’an selama bulan suci Ramadhan. Salah satu keutamaan membaca Al-Qur’an adalah “menjadi syafaat atau penolong umat Islam pada hari kiyamat”.

Salah satu keutamaan membaca Al-Qur’an menurut Syekhul Islam Muhyiddin Abu Zakariyya Yahya bin Syaraf An-Nawawi sebagaimana disebutkan dalam kitabnya, Riyaadhus-Shaalihiin, disebutkan bahwa keutamaan membaca Al Qur’an, di antaranya adalah Al-Qur’an akan menjadi syafaat atau penolong di hari kiyamat untuk para pembacanya. Diriwayatkan,

عن أَبي أُمامَةَ رضي اللَّه عنهُ قال: سمِعتُ

رسولَ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم يقولُ :

اقْرَؤُا القُرْآنَ فإِنَّهُ يَأْتي يَوْم القيامةِ شَفِيعاً

لأصْحابِهِ  رواه مسلم

Artinya:

Dari Abu Amamah Radhiyallahu anhu, aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Bacalah Al Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat” (HR. Muslim).

Bahkan diriwayatkan juga bahwa orang yang mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an merupakan sebaik-baik manusia. Diriwayatkan,

عن عثمانَ بن عفانَ رضيَ اللَّه عنهُ قال

قالَ رسولُ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم

خَيركُم مَنْ تَعَلَّمَ القُرْآنَ وَعلَّمهُ

رواه البخاري

Artinya:

Dari Usman bin Affan Radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya” (HR. al-Bukhari).

Maka sungguh berbahagia orang-orang yang sudah mencapai tahap atau tingkat lancar dalam membaca Al-Qur’an. Mereka bisa menumpuk-numpuk pahala dengan mengajarkan membaca Al-Qur’an di masjid masjid atau di rumah-rumah mereka. Lebih beruntung lagi dari itu, untuk orang-orang yang mahir dalam membaca Al-Qur’an, maka kelak ia akan bersama para malaikat Allah. Diriwayatkan,

عن عائشة رضي اللَّه عنها قالتْ :

قال رسولُ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم

الَّذِي يَقرَأُ القُرْآنَ وَهُو ماهِرٌ بِهِ معَ

السَّفَرةِ الكرَامِ البررَةِ  متفقٌ عليه

Artinya:

Dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha berkata; bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Orang yang membaca Al-Qur’an dan ia mahir membacanya, maka kelak ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat kepada Allah” (HR. Bukhari Muslim / Muttafaq alaih).

Mungkin kita lantas bertanya, “Bagiamana bagi kita-kita yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an?”. Untuk mereka yang belum lancar dalam membaca maupun dalam usaha mengkhatamkan Al-Qur’an, tidak perlu bersedih. Dalam hal demikian Allah berjanji tetap akan memberikan dua pahala. Bayangkan, tidak lancar membaca tapi berusaha untuk belajar membaca agar lancar dijanjikan dua pahala. Diriwayatkan,

وَاٌلَذِي يَقُراٌ القُرانَ وَيَتَتَعتَعُ فِيه وَهُوَ

عَلَيهِ شَاقٌ لَه اَجَران  متفقٌ عليه

Artinya:

Rasulullah bersabda, “Dan orang yang membaca Al-Qur’an, sedangmembacanya masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala” (HR. Bukhari Muslim / Muttafaq ‘alaih).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *