Kultum 361: Persaudaraan Islam Memang Luar Biasa (1)

Persaudaraan Islam
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Al-Qur’an dengan tegas melarang segala bentuk pembedaan, perpecahan, maupun perselisihan, diskriminasi, dan kebencian yang sewenang-wenang di antara umat Islam. Seorang Muslim diwajibkan untuk memperlakukan Muslim lain dengan cara yang sama seperti dia memperlakukan kerabat dan dirinya sendiri. semua poin itu haruslah dijadikn pedoman dan tidak boleh dilanggar oleh seorang Muslim.

Dalam hal ini Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak beriman salah satu dari kalian sampai dia menginginkan untuk saudaranya (Muslim) apa yang dia sukai untuk dirinya sendiri” (HR. Bukhari). Selain itu, umat Islam dikondisikan untuk menghormati dan berjanji setia pada persaudaraan ini setiap hari sebagai bagian dari shalat lima waktu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Islam mengamanatkan umat Islam untuk shalat (berdoa) lima kali sehari dan tidak ada doa yang lengkap tanpa Tasyahud, di mana seorang Muslim juga berdoa untuk kesejahteraan semua Muslim lainnya. Dengan cara ini, umat Islam diingatkan akan janji kesetaraan, persaudaraan, dan kesetiaan satu sama lain setiap hari.

Janji itu bisa dilihat dalam firman Allah Subhanahu wata’ala, “Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Ansar), mereka berdoa, ‘Ya Tuhan kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau tanamkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, Sungguh, Engkau Maha Penyantun, Maha Penyayang’” (QS. Al-Hasyr, ayat 10).

Dan Allah maha tahu. Segera bersambung insyaAllah.

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat kita tentang akhirat, dan selalu bersyukur karena dijadikan Allah sebagi hamba yang beriman, dan kalau sekiranya bisa bermanfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                        —ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *