Hikmah Pagi: Keutamaan dan Pahala Bagi Orang Jujur ​​Dalam Islam

Pahala Bagi Orang Jujur ​​Dalam Islam
Ilustrasi: Pahala Bagi Orang Jujur ​​Dalam Islam
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id – Kejujuran merupakan nilai luhur yang didukung dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam konteks keagamaan. Islam menghargai dan menghargai orang jujur.

Allah Ta’ala memerintahkan hamba-Nya untuk mengikuti jalan yang benar dalam segala aspek kehidupan kita. Oleh karena itu, kejujuran merupakan perilaku yang patut dimiliki setiap orang.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kejujuran sangat penting dalam ajaran Islam. Sebenarnya Nabi Muhammad SAW merupakan petunjuk orang-orang beriman, dikenal sebagai orang yang jujur ​​dan dapat dipercaya dalam kehidupannya.

Kejujuran dalam Islam tidak hanya terbatas pada perkataan, tetapi juga mencakup perbuatan dan niat di dalam hati. Seorang Muslim diwajibkan untuk jujur dalam segala hal, baik dalam berinteraksi dengan sesama manusia maupun dalam menjalankan amanah yang dipercayakan kepada kita.

Pahala Bagi Orang yang Jujur

Jujur merupakan salah satu sifat yang paling dicintai dan disenangi Allah SWT dari seorang hamba. Dikutip dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IX oleh Aris Abi Syaifullah dkk, perilaku jujur akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Dalam surat Al-Ahzab ayat 35 diungkapkan bahwa orang-orang muslim yang bersikap jujur akan diberikan pahala yang besar. Allah SWT berfirman:

اِنَّ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمٰتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ وَالْقٰنِتِيْنَ وَالْقٰنِتٰتِ وَالصّٰدِقِيْنَ وَالصّٰدِقٰتِ وَالصّٰبِرِيْنَ وَالصّٰبِرٰتِ وَالْخٰشِعِيْنَ وَالْخٰشِعٰتِ وَالْمُتَصَدِّقِيْنَ وَالْمُتَصَدِّقٰتِ وَالصَّاۤىِٕمِيْنَ وَالصّٰۤىِٕمٰتِ وَالْحٰفِظِيْنَ فُرُوْجَهُمْ وَالْحٰفِظٰتِ وَالذَّاكِرِيْنَ اللّٰهَ كَثِيْرًا وَّالذَّاكِرٰتِ اَعَدَّ اللّٰهُ لَهُمْ مَّغْفِرَةً وَّاَجْرًا عَظِيْمًا

Artinya: “Sungguh, laki-laki dan perempuan muslim, laki-laki dan perempuan mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al-Ahzab ayat 35).

Dalam ayat tersebut, Allah SWT akan memberikan pahala dan ampunan dosa bagi umat Islam yang benar. Allah SWT menjanjikan pahala yang besar bagi orang yang jujur dalam kehidupannya.

Keutamaan Jujur

Selain mendatangkan pahala dan ampunan dosa, perbuatan jujur juga memiliki sejumlah keutamaan. Dilansir dari buku Hak-Hak yang Wajib Anda Ketahui dalam Islam oleh Syaikh Muhammad Hassan, berikut ini adalah keutamaan berperilaku jujur.

  1. Mendapat Pertolongan dan Dikabulkannya Doa

Kejujuran membawa berkah dalam kehidupan seseorang. Orang yang jujur akan senantiasa mendapatkan pertolongan dari Allah SWT.

Hal ini karena kejujuran merupakan bentuk taqwa kepada Allah SWT. Dengan berpegang teguh pada prinsip kejujuran, seseorang akan mendapatkan keberkahan dalam setiap langkah hidupnya.

  1. Terhindar dari Sifat Munafik

Rasulullah SAW bersabda: “Tanda-tanda munafik ada tiga yaitu apabila berkata dusta, apabila berjanji ingkar, dan apabila dipercaya berlaku khianat,” (HR Bukhari dan Muslim).

Kejujuran merupakan lawan dari sifat munafik. Orang yang jujur akan selalu konsisten dalam kata-katanya dan tidak akan berkhianat terhadap amanah yang diberikan kepadanya.

  1. Mendapat Keberkahan

Ketika seseorang memilih untuk hidup dengan jujur, mereka membuka pintu bagi berkah dari Allah SWT untuk mengalir ke dalam kehidupan mereka. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Kedua orang penjual dan pembeli masing-masing memiliki hak pilih selama keduanya belum berpisah, bila keduanya berlaku jujur dan saling terus terang, maka keduanya akan memperoleh keberkahan dalam urusan tersebut.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Wallahu a’lam.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *