Hikmah Malam: Mana Yang Lebih Baik Hewan Kurbannya Jantan Atau Betina?

Hewan Kurbannya Jantan Atau Betina
Hewan Kurban
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idSaat membeli hewan kurban, umat Islam disarankan memilih hewan yang berjenis kelamin jantan. Benarkah hewan jantan ada keutamaan dibandingkan hewan betina?

Allah Ta’ala memerintahkan umat Islam untuk berkurban. Dengan ini kami ingin mengungkapkan rasa syukur kami kepada-Nya. Hewan yang diperbolehkan untuk dikurbankan adalah hewan ternak.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebagaimana firman Allah dalam surat Al Hajj ayat 34:

وَلِكُلِّ اُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِّيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۗ فَاِلٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ فَلَهٗٓ اَسْلِمُوْاۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِيْنَ ۙ

Artinya: “Bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban) agar mereka menyebut nama Allah atas binatang ternak yang dianugerahkan-Nya kepada mereka. Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa. Maka, berserah dirilah kepada-Nya. Sampaikanlah (Nabi Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang rendah hati lagi taat (kepada Allah).”

Mengutip buku Cara Berkurban karya Abdul Muta’al Al-Jabry, dijelaskan bahwa hewan ternak yang boleh dikurbankan antara lain unta, sapi, kerbau, dan kambing atau domba.

Sementara itu, terdapat perbedaan pendapat di antara kalangan ulama mengenai jenis kelamin hewan yang diutamakan untuk kurban.

Pilih Hewan Kurban Jantan atau Betina?

Ustaz Abu Abdil A’la Hari Ahadi dalam buku Fikih Kurban menjelaskan, para ulama memang berpendapat bahwa berkurban dengan hewan jantan lebih utama daripada hewan betina.

Meski demikian, tidak ada dalil yang menegaskan secara khusus pendapat tersebut, kecuali sabda Rasulullah SAW tentang hewan tunggangan yang paling utama:

أَغْلَاهَا ثَمَنًا، وَأَنْفَسُهَا عِنْدَ أَهْلِهَا

Artinya: “Yang paling mahal harganya dan paling berharga bagi pemiliknya.” (HR Bukhari)

Dari hadits tersebut, sejumlah ulama pun mengambil kesimpulan bahwa lebih hewan jantan lebih utama untuk dikurbankan. Imam Nawawi berkata,

التَّضْحِيَّةُ بالذَّكَرِ أَفْضَلُ مِنَ الْأُنْثَى عَلَى الْمَذْهَبِ

Artinya: “Berkurban dengan yang jantan lebih utama daripada betina dalam mazhab Syafi’i.”

Imam Abu Bakr Ibnul ‘Arabi juga berpendapat serupa, “Pendapat yang paling tepat ialah berkurban dengan hewan jantan lebih utama daripada betina.”

Nurrosyid Huda Setiawan dalam Buku Saku Fiqih Qurban mengatakan alasan diutamakan jantan daripada betina karena daging hewan jantan lebih banyak dan lebih segar.

Berkurban dengan hewan jantan menjadi sebuah anjuran sebab Rasulullah SAW dahulu juga berkurban dengan dua ekor kambing jantan. Hal ini didasarkan pada hadits shahih yang dikutip dari buku Sunan at-Tirmidzi Jilid 2 oleh Muhammad bin Isa bin Saurah terjemahan Abdul Hayyie al-Kattani, Muhammad Mukhlisin, dan Andri Wijaya.

أَخْبَرَنَا فَتَيَبةُ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسٍ قَالَ: ضَحَى النَّبِيُّ ﷺ بِكَبْشَيْنِ أَمْلَحَيْنِ أَمْرتَيْنِ، ذَعَهُمَا بِيَدِهِ وَسَمَّى وَكَبَّرَ وَوَضَعَ رِجْلَهُ عَلَى صِفَاحِهِمَا ق، تَقَدَّمَ آنفًا

Artinya: Qutaibah mengabarkan bahwa Abu Awanah mengatakan dari Qatadah dari Anas, ia berkata, “Rasulullah SAW berkurban dengan dua ekor kambing jantan yang berwarna putih, dan bertanduk dua. Beliau menyembelih dengan tangan beliau sendiri sambil membaca basmalah dan takbir, dan dengan meletakkan kaki beliau di atas sisi kambing itu.” (HR Muttafaq ‘alaih)

Walaupun berkurban dengan hewan jantan lebih utama dan dianjurkan, A R Shohibul Ulum dalam buku Kitab Fikih Sehari-hari menjelaskan, tidak ketentuan khusus mengenai jenis kelamin hewan kurban.

Hal tersebut dilandaskan pada sabda Rasulullah SAW, dari Ummu Kurzin, Rasulullah SAW bersabda,

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *