BEM SI Demo di Kemkominfo, Mahasiswa Bawa Simbol ‘Kartu Merah’

BEM SI Demo di Kemkominfo, Mahasiswa Bawa Simbol 'Kartu Merah' (foto CNN)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.id — Mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) melakukan unjuk rasa di Kantor Kementerian Kominfo (Kemkominfo) buntut kasus peretasan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS), Jumat (5/7) sore.

Melansir CNNIndonesia.com, para mahasiswa membawa sejumlah poster yang berisi tuntutan mereka dalam aksi ini. Mereka juga turut membawa kertas berwarna merah sebagai simbol ‘kartu merah’ yang merupakan bentuk kekecewaan mahasiswa atas peretasan PDNS.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Koordinator Wilayah BEM BSJB, Achmad Fauzi mengatakan salah satu tuntutan yang dibawa dalam aksi demo kali ini adalah meminta pemerintah untuk mengkaji ulang proses tender PDNS.

“Mengkaji ulang proses tender PDNS karena ini baru PDNS, bukan PDN permanen, karena kalau nnti PDN permanen tapi tidak dikaji ulang itu akan jadi satu permasalahan lagi,” kata Fauzi.

Selain itu, kata Fauzi, pihaknya juga meminta pemerintah untuk menyiapkan langkah mitigasi jika aksi peretasan serupa kembali terjadi.

“Semoga ke depan ada mitigasi yang lebih cepat dari pemerintah dan tdak ada lagi kebocoran data yang mengakibatkan hak digital masyarakat terganggu,” ujarnya.

Sistem PDNS 2 lumpuh sejak 20 Juni akibat serangan ransomware atau peretasan yang mengunci data-data di dalam sistem. Sebagian besar data di pusat data yang dipakai 282 institusi pemerintah pusat dan daerah itu pun terkunci dan belum bisa dipulihkan sampai saat ini.

Untuk membukanya diperlukan pembuka enkripsi alias dekripsi. Pemerintah mengklaim pelaku meminta tebusan US$8 juta atau sekitar Rp131,8 miliar untuk mendapat kuncinya. Namun, Kominfo mengaku tak akan membayar tebusan itu.

Lalu, muncul tiba-tiba klaim dari kelompok Ransomware Brain Cipher yang mengaku sebagai peretas. Mereka mengaku akan memberikan kunci dekripsi secara gratis, Selasa (2/7).

Keesokan harinya, Brain Cipher mengunggah tautan (link) untuk mengunduh (download) dekripsi data yang kena ransomware yang disebutnya cuma berlaku buat PDNS 2.

Pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengaku telah mencoba kunci dekripsi yang diberikan kelompok Brain Cipher di spesimen dan hasilnya bisa dibuka.

sumber: cnn

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *