Renungan Malam: Istighfar Bisa Selesaikan Banyak Kesulitan

Istighfar, Kunci Selesaikan Masalah. (Foto: newbieislam.com)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Anda sedang dirundung masalah?
Masalah Anda belum terselesaikan meski sudah berusaha keras dan berbulan-bulan?
Anda sudah bertemu banyak orang, namun tetap belum bisa menyelesaikan persoalan Anda?

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebaiknya, pertimbangkan solusi ini. Ketika berbagai masalah atau ujian terasa menghimpit hidup Anda, maka perbanyaklah minta ampun pada Allah SWT.
Caranya? Memperbanyak mengucap Istighfar.

Kalimat istighfar merupakan kalimat yang mungkin bagi sebagian orang begitu berat diucapkan. Apalagi ketika merasa bahwa hidupnya baik-baik saja, dan tak merasa ada yang salah dengan yang dilakukannya.

Itulah anggapan jika memaknai kalimat istighfar hanya bisa digunakan atau diucapkan kala kita melakukan salah atau dosa kepada Allah. Namun sesungguhnya, kalimat istighfar adalah salah satu kalimat yang Rasulullah SAW anjurkan untuk kita perbanyak membacanya, dalam keadaan apapun di kehidupan kita sehari-hari.

Ibnu Katsir rahimahullaah pernah mengatakan; “Barangsiapa yang menghiasi dirinya dengan amalan ini, yaitu memperbanyak kalimat istighfar, maka Allah SWT akan mempermudah rezekinya, memudahkan urusannya dan menjaga kekuatan jiwa dan raganya.”

Untuk itu, kita perlu mulai membiasakan diri kita dengan memperbanyak mengucapkan kalimat istighfar dalam kehidupan sehari-hari, karena ternyata ada lima manfaat luar biasa yang akan kita dapat darinya. Apa saja itu?

1. Istighfar Mempermudah Mereka Yang Sedang Diuji

Ibnul Qayyim rahimahullaah pernah mengatakan, “Bila engkau berdo’a, sementara waktu begitu sempit, padahal di dalam dadamu dipenuhi oleh begitu banyak (hajat) kebutuhan, maka jadikan seluruh isi do’amu berupa permohonan maaf kepada Allah. Karena bila Dia memaafkanmu, maka semua keperluanmu akan dipenuhi olehNya tanpa engkau memintanya”.

2. Istighfar Memberikan Petunjuk bagi Mereka Yang Sedang Kalut (Bingung)

Syaikh Muhammad bin Muhammad Mukhtar As-Syinqity hafidzahullaah pernah ditanya oleh seseorang, “Wahai Syaikh, dengan amalan apa anda menasehati saya dalam menyongsong datangnya musim ketaatan? Kemudian Syaikh menjawab, Sebaik-baik amalan yang dapat dilakukan dalam menyongsong musim ketaatan adalah memperbanyak istighfar. Sebab dosa akan menghalangi seseorang dari taufiq Allah (untuk melaksanakan ketaatan).”

3. Istighfar Memberi Ketenangan Hati Yang Galau


Hati yang galau adalah hati yang mengalami keresahan tak wajar, yang diakibatkan oleh menumpuknya dosa dan maksiat dalam diri kita, serta adanya kerenggangan hubungan kita dengan Allah SWT.

4. Istighfar Memperkuat Yang Sedang Lemah


Manusia adalah makhluk tempat salah, lupa, dan memiliki nafsu yang bisa membawanya pada kondisi senang, sedih, dan sebagainya. Bagaimana kehidupannya, tergantung bagaimana dia menyikapinya. Sehingga manusiawi ketika masalah atau ujian datang menghampiri, manusia akan merasakan lemah dan lelah dengan kondisi yang dianggap kurang berpihak padanya.

Karena bisa jadi masalah atau ujian itu adalah sebuah peringatan atas dosa dan maksiat yang masih sering kita kerjakan. Atau cara Allah SWT mengangkat derajat Anda di hadapaNya atau mengirim nikmat besar yang dibalut dahulu dengan permasalahan dan Allah SWT menguji seberapa besar kegigihan Anda melewati ujian tersebut.

Dengan memperbanyak istighfar, maka segala kelemahan yang kita rasakan akan terangkat, sehingga tergantikan oleh rasa kuat. Allah SWT terasa begitu dekat, dan kita merasakan bahwa Allah SWT akan menguatkan kita, karena Allah SWT tak pernah memberi suatu beban pada hambaNya melebihi kemampuan hambaNya tersebut.

5. Istighfar Bisa Menyembuhkan Yang Sedang Sakit

Segala yang ada di langit dan di bumi adalah mutlak kuasa Allah SWT. Hidup, mati, rezeki, dan jodoh seseorang ada dalam genggamanNya. Begitupun dengan sehat dan sakit seseorang. Ketika seseorang hamba mendapatkan ujian berupa penyakit, maka apa yang bisa hamba tersebut lakukan selain minta kesembuhan kepada Allah SWT? Tentunya dengan banyak memohon dan mengusahakan kesembuhan dirinya, karena Allah SWT menyukai hambaNya yang berusaha, memohon, dan tawakal padaNya.

Demikian lima manfaat luar biasa yang akan kita dapatkan dengan selalu memperbanyak mengucap kalimat istighfar dalam kehidupan kita sehari-hari. Semoga kita bisa membuat kisah inspiratif kita sendiri dengan amalan-amalan terbaik kita kepada Allah SWT. Aamiin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

(berbagai sumber/boombastis.com)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *