Hikmah Siang: Rahasia Dibalik Kegagalan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id,- Terkadang kita selalu berpikir, mengapa seringkali terjadi hal-hal yang tak sesuai dengan harapan kita. Plot cerita yang telah dirancang sebelumnya seringkali tidak berjalan mulus dikarenakan hadirnya hal-hal di luar kendali kita. Tak jarang diri ini tak kuasa menahan emosi yang muncul. Tapi di situlah letak nikmat dari ujiannya. Jadi jangan galau.

Allah Ta’ala berfirman:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui ,” (Qs. Al-Baqarah : 216)

Yakinlah bahwa semua skenario ini telah dirancang dengan rapi oleh Allah yang mencintaimu, maka tak perlu takut, tersenyumlah.

Jika kita tahu bahwa Sang Khalik tak akan pernah mendzalimi hamba-hamba-Nya, maka tak usah gelisah, tersenyumlah.

Jika kita faham bahwa hanya Allah yang mengetahui apa yang baik untuk kita, maka tak perlu risau, tersenyumlah, sandarkan dirimu hanya kepada-Nya.

Allah Ta’ala berfirman :

“Tiada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, ……….” (QS. Al Hadid: 22-23)

Pahamilah bahwa skenario Allah itu adalah skenario yang paling indah, maka tak usah gundah, tersenyumlah…

Ketika Allah akan menyelamatkan hamba-Nya, tak perlu Dia mengungkap rencana-Nya, karena Dia ingin semua terasa indah pada waktunya.

Allah ingin melihat hamba-Nya gigih dalam menjalani prosesnya. Allah ingin melihat hamba-Nya bercucuran air mata, bersimpuh dalam dzikir kepada-Nya.

Kadang pula Dia hanya ingin melihat senyum dan ucapan syukur keluar dari lisan dan hati hamba-Nya saat penyelamatan dan pengabulan doa hamba-Nya terwujud.

Dia memang Maha Lembut dalam menolong hamba-Nya, sehingga si hamba sama sekali tidak menyadari pertolongan dan penyelamatan dari-Nya, kecuali mereka dari hamba-Nya yang beriman dan pandai mensyukuri nikmat dan pertolongan-Nya.

Allah Ta’ala berfirman, mengabadikan ucapan nabi Yusuf alaihi salam :

إِنَّ رَبِّي لَطِيفٌ لِمَا يَشَاءُ إِنَّهُ هُوَ الْعَلِيمُ الْحَكِيمُ

“Sesungguhnya Rabbku Maha Lembut terhadap apa yang Dia kehendaki (terhadap hamba-Nya). Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. Yusuf: 100)

Semoga manfaat. (Ustadz Farhat U)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *