Hikmah Malam: Lima Perkara Pembuka Rezeki

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id,- Ingin dipermudah rezekinya adalah keinginan semua orang. Mengapa demikian? karena keinginan kepada harta adalah fitrah manusia. Namun kadang ada rasa seperti rezeki masih jauh dan sering kesusahan. Menurut Ustadz Kiki Al-Haddad, pengasuh Ponpes Daruttauhid Malang, ada beberapa amalan yang bisa dilakukan untuk menarik rezseki. Amalan itu adalah:

  1. Salat Dhuha

“Jangan pernah tinggalkan salat dhuha, selain mendapatkan pahala yang banyak salat dhuha juga dapat memperlancar rezeki,” kata Ustadz Kiki.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Salat dhuha itu dapat mendatangkan rejeki dan menolak kefakiran, Dan tidak ada yang akan memelihara Shalat Dhuha melainkan orang-orang yang bertaubat” diambil dari kitab HR. Turmuzi dan Ibnu Majah, Hadis Hasan.

  1. Membaca Surat Al Waqiah

“Baca surat Al Waqiah ketika ingin bekerja, Insya Allah hidup dijauhi dari kekurangan,” terang Ustadz Kiki kepada Okezone.

Imam Jafar berkata “Barang siapa membaca surat Al Waqiah di waktu pagi ketika keluar dari rumahnya untuk bekerja atau untuk mencari kebutuhan, maka Allah akan mempermudah rezekinya dan mendatangkan hajatnya. Dan barang siapa yang membaca surat Al Waqiah di waktu pagi dan sore, maka ia tidak akan kelaparan dan kehausan. Dan tidak akan takut terhadap orang yang akan memfitnah, sedangkan fitnahnya kembali ke orang itu.” Di ambil dari kitab Khazinatul Asrar Kubra hal 360.

  1. Perbanyak Istighfar

“Banyakin istighfar, Allah bakal datengin tuh rezeki,” ujar Ustadz Kiki .

مَن أَكْثَرَ الِاسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجاً، وَمِنْ كُلِّ ضَيْقٍ مَخْرَجاً، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لاَ يَحْتَسِبُ

“Barangsiapa memperbanyak istighfar, niscaya Allâh mengubah setiap kesedihannya menjadi kegembiraan; Allah Azza wa Jalla memberikan solusi dari setiap kesempitannya (kesulitannya), dan Allâh anugerahkan rizki (rezeki) dari jalur yang tiada disangka-sangka,” (HR. Ahmad dan al-Hakim)

  1. Bersedekah

Semua orang pasti tahu sering bersedekah akan mendapatkan pahala yang banyak dan juga rezeki yang melimpah. Ustad Kiki mengatakan, “Perbanyak amal biar nanti dibales sama Allah rezekinya.”

Alquran membuat perumpamaan bagi sedekah sebagai “sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir” Hal ini karena begitu banyaknya pahala yang diterima oleh orang yang bersedekah.

Sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya dalam surat Al-Baqarah ayat 261: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

  1. Bersilaturahim

Bersilaturahim sendiri mempunya arti mengikat tali persaudaraan. “Bersilahturrahmi dapat memperlancar rezeki” kata Ustadz Kiki.

“Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang maka hendaknya ia bersilaturahmi.” (HR. Bukhari)

Yang perlu diperhatikan adalah tidak boleh kita mengamalkan anjuran dari Rasulullah ini tanpa diberengi dengan Ikhtiar. Agar permohonan dapat dikabulkan oleh Allah SWT, marilah kita seimbangkan antara Ikhtiar dan doa.

Wallahu a’lam (fur/okz).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *