Hikmah Siang: Tiga Harta yang Paling Mulia

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id,- Hampir semua manusia di muka bumi ini sibuk mencari harta dari subuh hingga gelap malam. Mereka meninggalkan keluarga, orang tua, anak istri. Ada pula yang dengan cara lebih canggih, hanya dengan melihat pergerakan uang, harta sudah terkumpul. Tapi sesungguhnya harta apa yang paling mulia?

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam pernah ditanya oleh para sahabat tentang harta yang paling mulia. Setidaknya, ada 3 harta yang paling mulia.
Dalam haditsnya Rasulullah Saw bersabda “Harta yang paling utama adalah lisan yang selalu berdzikir, hati yang selalu bersyukur, dan istri yang beriman yang selalu membantunya menjaga imannya.” (HR. Tirmidzi).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Yang harus senantiasa ada dalam benak kita, tatkala keluar mencari harta sesuai hadits Rasulullah SAW adalah mengingat harta yang paling mulia di muka bumi.

Yang pertama :
Lisanun dzakir. Lisan yang pandai berdzikir. Itu yang paling mulia. Yang senantiasa mengatakan, subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar, wa laa hawla wa laa quwwata illa billah. Lisanun dzakir.

Yang kedua :
Wa qolbun syakir. Hati yang senantiasa bersyukur kepada Allah Subhanahu wata’ala. Apapun yang dimiliki, rumah yang luas, mobil yang nyaman, istri yang shalihah, tanpa hati yang selalu bersyukur, percuma. Hati yang bersyukur ini lebih utama dari semua yang disebutkan tadi.

Yang ketiga :
Wa zaujatun mukminatun tu’innahu ala iman. Istri yang beriman, yang membantu suaminya beriman. Terkadang seorang belum nikah sholat malam terus, puasa sunnah terus, habis nikah tidak sholat malam tidak puasa sunnah, hilang semua. Naudzubillah Min Dzalik

“Kadangkala memilih istri yang membantu dalam urusan dunianya. Itu bukan harta yang mulia, tapi istri yang bantu urusan akhirat bukan istri yang membantu untuk hal keduniaan.

Jangan jadikan uang hanya bisa memenuhi keinginan-² kita di dunia saja. (sedekahkan sebagian agar jadi amal jariyah kita). Mari kita tingkatkan kesungguhan kita dalam mengejar ketiga harta tersebut melebihi kesungguhan kita hanya sekedar dalam mengejar uang (Harta).

Mudah-mudahan 3 harta tersebut dapat memberi kita kepuasan di dunia dan kebahagiaan di akhirat. Aamiin Allahumma Aamiin. (sumber:gwa)

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *