Hikmah Pagi: Makna Nuzulul Quran

ilustrasi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



HAJINEWS.ID- Malam Nuzulul Quran atau turunnya Alquran jatuh pada Sabtu 9 Mei 2020.  Atau hari ini Ahad 17 Ramadhan 1441 H. Nuzulul Quran merupakan malam turunnya Alquran ke bumi pertama kalinya.

Alquran diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia. Kemudian diturunkan berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad S.A.W. Surat Alquran pertama kali turun ke bumi yaitu Surat Al Alaq ayat 1-5.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Nuzulul Quran diperingati setiap malam 17 Ramadhan, sementara itu malam Lailatul Qadar jatuh pada sepertiga malam yang terakhir bulan Ramadhan.

Allah SWT berfirman

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ. وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ. لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ. تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ. سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Artinya:

“Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadr 1-5).

Alquran diturunkan ke bumi berangsur-angsur pada Nabi Muhammad S.A.W. Al Quran turun ke bumi membutuhkan waktu sekitar 23 tahun.

Malam Nuzulul Quran di bulan Ramadhan ditandai melalui firman Allah subhanallahu wa ta’ala:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ. البقرة

Artinya :

“Bulan Ramadhan, bulan yang di padanya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (Qs. Al Baqarah: 185)

Bacaan Lengkap Malam Nuzulul Quran

Berikut doa malam Nuzulul Quran yang jatuh pada 17 Ramadhan : Allahummagfir Lii Wa Liwaalidayya Arhamhumaa Kamaa Robbayaanii Shoghiiroo.

Artinya : Ya Allah ! Ampunilah aku dan kedua orangtuaku dan kasihanilah keduanya sebagaimana mereka mendidikku semenjak kecil.

Bacaan doa Nuzulul Quran dibaca ketika memperingati atau menjalani malam Nuzulul Quran.

Doa di atas mempunyai maksud untuk memohon dan meminta ampunan kepada Allah SWT atas semua kesalahan (dosa) diri kita sendiri maupun kedua orangtua kita.

Doa lainnya: Allahumma Innaka ‘aufuwwun Tuhibbul ‘Afwa fa’fu’anni.

Artinya: Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku.

Berdasarkan penuturan sahabat Huzaifah RA tentang pengalaman beliau ketika Salat Tarawih bersama Rasulallah SAW. Rasululah SAW mengulangi membaca Alquran dari surat pertama, Al Fatihah, Al Baqarah sampai selesai.

“Pada suatu malam di bulan Ramadhan, aku salat bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di dalam bilik yang terbuat dari pelepah kurma. Beliau memulai salatnya dengan membaca takbir, selanjutnya beliau membaca doa”

الله أكبر ذُو الجَبَرُوت وَالْمَلَكُوتِ ، وَذُو الكِبْرِيَاءِ وَالْعَظَمَةِ

“Selanjutnya beliau mulai membaca surat Al Baqarah, sayapun mengira bahwa beliau akan berhenti pada ayat ke-100, ternyata beliau terus membaca. Sayapun kembali mengira: beliau akan berhenti pada ayat ke-200, ternyata beliau terus membaca hingga akhir Al Baqarah, dan terus menyambungnya dengan surat Ali Imran hingga akhir.”

Kemudian beliau menyambungnya lagi dengan surat An Nisa’ sampai akhir surat. Setiap kali beliau melewati ayat yang mengandung hal-hal yang menakutkan, beliau berhenti sejenak untuk berdoa memohon perlindungan.

Selesai Salat Isya pada awal malam samai akhir malam, Bilal emberi tahu beliau bahwa waktu Salat Subuh telah tiba beliau hanya Salat 4 rakaat.” (Riwayat Ahmad, dan Al Hakim)

Demikianlah cara Rasulullah SAW memperingati turunnya Alquran pada bulan Ramadhan. Membaca ayat Alquran penuh dengan penghayatan akan maknanya.

Menyambut malam Nuzulul Quran, umat muslim dianjurkan untuk berkumpul di masjid membagi satu juz per orang untuk membaca Alquran.

Ada beberapa amalan mengisi malam Nuzulul Quran. Yaitu membaca Alquran sampai selesai.

Cara-cara yang baik untuk mengisi malam Nuzulul Quran yaitu, pertama istiqamah membaca Alquran. Minimal harus katam satu kali selama bulan Ramadhan.

Kedua, harus memperbanyak i’tikaf, selama i’tikaf bacalah Alquran atau zikir lainnya. Dan yang ketiga, perbanyaklah salat malam dan doa.

Wallahu a’lam (sumber: dbs/fur)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *