Minggu (31/5), Masjid Al-Aqsa akan Dibuka Kembali

Foto: AFP
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



YERUSALLEM, hajinews.id –  Kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem akan dibuka kembali pada Minggu (31/5) setelah sempat tutup selama dua bulan untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19).

“Semua pintu (kompleks) masjid Al-Aqsa akan dibuka mulai fajar pada hari Minggu, 31 Mei,” kata Direktur Masjid Al Aqsa Omar al-Kiswani kepada AFP pada Jumat (29/5).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Meski begitu, al-Kiswani belum memberi detail terkait pembukaan masjid bekas kiblat umat Muslim di dunia itu. Belum jelas pula apakah pihak masjid akan mengizinkan kegiatan beribadah di dalam masjid atau masih sebatas di dalam kompleks Al-Aqsa.

Dilansir AFP, Al-Aqsa terletak di wilayah Yerusalem yang dicaplok oleh Israel. Selain Al-Aqsa, sejumlah rumah ibadah di Yerusalem juga telah lebih dulu dibuka dalam beberapa hari terakhir.

Yerusalem merupakan kota suci bagi umat Muslim, Kristen, dan Yahudi hingga kini masih menjadi sumber konflik Palestina-Israel yang telah berlangsung lebih dari setengah abad.

Pembukaan rumah ibadah ini dilakukan menyusul tren penularan virus corona di Israel dan Palestina, terutama di wilayah Yerusalem.

Masjid Al-Aqsa kerap menjadi pusat bentrokan antara warga Palestina dan aparat Israel. Bentrokan juga sempat terjadi antara aparat Israel dan sekelompok warga Palestina yang ingin menerobos masuk kompleks Al-Aqsa ketika Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada 24 Mei lalu.

Sejauh ini, pihak berwenang Israel mencatat 16.500 kasus virus corona dengan 281 kematian. Sementara itu, Palestina mencatat 500 kasus virus corona di Tepi Barat dan Jalur Gaza. (wh/cnnindonesia)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *