Menikah Untuk Ibadah

Ust. Adi Hidayat
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



MENIKAH UNTUK IBADAH

Oleh : Ust. Adi Hidayat

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menyadari nikah itu ibadah adalah sangatlah penting. Karena itu, pernikahan haruslah didasarkan semata-mata untuk menjalankan perintah Allah SWT.

Allah tentu saja tidak membiarkan manusia semata-mata mengatakan beriman. Namun, dia akan diuji, pasangan itu harus menjalani kehidupan dengan sabar dan ikhlas karena merupakan ujian Allah. Bisa jadi mereka ditimpa kesulitan ekonomi, anak sakit, dan tiada tempat tinggal layak. Namun, karena semua itu dianggap cobaan, akan dihadapi dengan tenang dan sabar.

Cobaan tersebut tidak menjadi penghancur bagi sebuah ikatan perkawinan yang agung. Karena pernikahan itu ibadah, pasangan suami istri akan menjadikan syariat Islam sebagai standar kehidupan perkawinan.

Hal ini penting. Karena itu, bisa dipastikan sebuah keluarga akan pecah kalau standar baik dan buruk yang mereka gunakan berbeda. Kalau Allah memerintahkan suami untuk bekerja keras mencari nafkah, sang suamipun melakoni tugasnya dengan ikhlas. Demikian pula sang istri sebagai ibu rumah tangga. Kalaupun terjadi perselisihan mereka kembalikan kepada Allah dan Rasul-Nya.

Firman Allah, ”Jika kalian berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah dan Rasul” (QS An- Nisa: 59)

Dengan menjadikan sebuah ikatan pasangan sebagai bentuk ibadah kepada Allah maka Allah-lah yang akan menjadi penjaga dan penunjuk jalan keluar untuk setiap persoalan dalam rumah tangga hingga kembali bertemu di Surga.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *