Bolehkah Mengirim Al-Fatihah untuk Rasulullah SAW?

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, hajinews.id – Mengirim Al-Fatihah untuk Rasulullah SAW sudah didiskusikan hukumnya oleh para ulama sejak berabad-abad lamanya. Tidak satu pun ulama yang pro maupun kontra menyebut itu warisan Jawa.

Lalu bagaimana dengan mengirim Al-Fatihah buat Nabi?

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dikutip dari tulisan Ustaz Farid Nu’man dalam website resminya alfahmu.id,

Imam Syihabuddin Ar Ramliy rahimahullah berkata ketika ditanya hukum mengirim Al-Fatihah kepada Nabi shalallahu ‘alaihi wa Sallam. Beliau menjawab:

نَعَمْ ذَلِكَ جَائِزٌ بَلْ مَنْدُوبٌ قِيَاسًا عَلَى الصَّلَاةِ عَلَيْهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – وَسُؤَالِ الْوَسِيلَةِ وَالْمَقَامِ الْمَحْمُودِ وَنَحْوِهِ ذَلِكَ بِجَامِعِ الدُّعَاءِ بِزِيَادَةِ تَعْظِيمِهِ وَقَدْ جَوَّزَهُ جَمَاعَاتٌ مِنْ الْمُتَأَخِّرِينَ وَعَلَيْهِ عَمَلُ النَّاسِ وَمَا رَآهُ الْمُسْلِمُونَ حَسَنٌ فَهُوَ عِنْدَ اللَّهِ حَسَنٌ فَالْمَانِعُ مِنْ ذَلِكَ غَيْرُ مُصِيبٍ

Ya, itu (kirim Al-Fatihah kepada Nabi) adalah boleh bahkan dianjurkan, diqiyaskan dengan bershalawat kepadanya, mendoakan dan memintakan untuknya wasilah dan kedudukan yang terpuji dan semisalnya. Dengan kumpulan doa yang menambah penghormatan kepadanya. Hal ini dibolehkan oleh segolongan ulama muta’akhirin dan diamalkan kaum muslimin. Apa-apa yang yang baik di mata kaum muslimin maka di sisi Allah juga baik. (Fatawa Ar Ramliy, 3/125).

Dalam kisah lain, Ibnul Muwaffaq bahkan telah menghajikan Nabi sebanyak 70 kali. Ibnu As-Siraj mengkhatamkan Al-Qur’an 10.000 kali untuk Rasulullah SAW dan dia berqurban untuknya sebanyak itu juga”. (Hasyiyah Ibnu ‘Abidin, 2/244)

Ibnu ‘Abidin juga mengatakan bahwa kebolehan ini menjadi pendapat ulama Hanafiyah seperti Imam Syihab bin Ahmad Asy Syalaby, juga ulama Hambali seperti Imam Ibnu ‘Aqil Al Hambali.

 

 

 

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *