Saling Mengingatkan

Saling Mengingatkan
foto : unsplash
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Saling Mengingatkan

إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِثْلُكُمْ، أَنْسَى كَمَا تَنْسَوْنَ، فَإِذَا نَسِيتُ فَذَكِّرُونِي

“Sesungguhnya aku hanyalah manusia seperti kalian. Aku lupa sebagaimana kalian lupa. Oleh karenanya, ingatkanlah aku ketika diriku lupa.” (HR. Bukhari)

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam hadits diatas, Rasulullah SAW. menegaskan bahwa beliau minta diingatkan ketika lupa. Suatu pelajaran bagi kita untuk selalu saling mengingatkan, agar kita tidak sampai terperosok kedalam jurang kesalahan yang sama.

Salah satu sarana bagi kita, untuk tetap berada di jalan yang benar adalah untuk saling menasehati dan mengingatkan kekeliruan kita, dan meminta masukan tentang solusi terbaik bagi suatu permasalahan.

Allah SWT berfirman :
…. “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan…”(QS. Al-Ma’idah/5, Ayat : 2)

Ini adalah gambaran ideal dari sifat dan akhlak seorang muslim, untuk saling menasihati dan saling mengingatkan dalam kebaikan.

Allah SWT. berfirman :
“Sungguh manusia dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.” (QS. Al ‘Asr/103, Ayat : 2-3)

Sesungguhnya saling menasihati dan saling mengingatkan dalam kebaikan adalah ibadah yang utama yang akan mengantar ketaatan kepada Allah Swt.

SEMOGA MANFAAT

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *