Hikmah Pagi : Keutamaan Sholat Subuh

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Shalat Subuh merupakan shalat yang sangat istimewa dari shalat-shalat yang lainnya, shalat subuh berjamaah adalah ibadah yang sangat besar keutamaannya, namun sedikit yang mengerjakannya. Shalat Subuh biasanya menjadi salah satu faktor pemicu rasa yang sangat berat untuk dilakukan terlebih bagi sebagian kaum Muslim, baik kaum perempuan maupun kaum laki-laki. Adapun faktor yang memicu beratnya melakukan shalat Subuh yaitu kita harus melawan rasa kantuk yang luar biasa serta bangkit untuk meninggalkan kasur yang empuk dan selimut yang hangat.

Shalat Subuh berjamaah memiliki peluang mendapatkan berkah dari Allah Ta’ala. Sholat Subuh berjamaah memiliki banyak keutamaan yang luas biasa bagi ibadah kita. Sebab, aktivitas-aktivitas yang dikerjakan pada waktu pagi, terlebih yang dikerjakan itu wajib dan secara berjamaah seperti shalat Subuh, telah didoakan agar mendapatkan berkah. Di dalam adzan ketika memasuki shalat Subuh juga ditambahkan kalimat “Assholaatu khairum minan naum” yang memiliki arti “Shalat itu lebih baik daripada tidur”.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kondisi pada waktu Subuh pada umumnya masih gelap, walau sekarang sudah ada penerangan listrik sekalipun. Akan tetapi, dengan kondisi gelapnya seperti itu bagi hati yang dipenuhi cahaya iman, bukan menjadi suatu penghalang untuk mengerjakan shalat Subuh terlebih shalat yang dilakukan secara berjamaah. Apabila di hati terdapat cahaya iman, maka cahaya iman dalam hati akan menembus gelapnya segala sesuatu yang gelap. Justru itulah yang memiliki ganjaran yang besar dari Allah Ta’ala bagi kaum Muslim yang menuju masjid untuk melaksanakan shalat Subuh.

Adapun keutamaan-keutamaan melaksanakan Shalat Subuh Berjamaah diantaranya adalah:

1. Berada dalam jaminan Allah SWT

Bagi kaum Muslim, baik kaum laki-laki maupun kaum perempuan. Apabila melaksanakan shalat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah SWT dan sudah pasti akan selalu berada dalam perlindungan Allah SWT. Jika Allah yang memberikan jaminan, maka mana mungkin akal manusia sulit untuk menjangkau dan menebak apa yang akan diberikan Allah SWT. Dengan begitu, bagi kaum Muslim yang berada dalam perlindungan Allah maka orang tersebut tidak boleh disakiti, dan apabila ada orang yang berani mencelakakannya terancam dengan azab atau siksaan yang lebih pedih karena orang yang telah menyakiti tersebut telah melanggar perlindungan yang telah diberikan kepada Allah untuknya.

2. Mendapatkan ganjaran shalat malam sepenuh waktunya Bagi kaum Muslim sendiri tentu sangat sulit untuk bisa melaksanakan shalat malam atau tahajud sepenuh malam karena beragam aktivitas-aktivitas pada siang hari juga harus dikerjakan. Akan tetapi, pahala melakukan shalat malam atau tahajud bisa kita dapatkan dengan cara mengerjakan shalat Subuh secara berjamaah.

3. Dibebaskan dari sifat orang munafik Shalat Subuh berjamaah merupakan salah satu bentuk upaya dari kaum Muslim yang dapat ditempuh agar terhindar dari terjangkitnya suatu sifat yang buruk yaitu terjangkit penyakit kemunafikan.

4. Shalat Subuh berjamaah disaksikan langsung oleh para Malaikat Shalat berjamaah terlebih shalat Subuh yang kita kerjakan setiap harinya itu disaksikan oleh para malaikat. Para malaikat bergantian melihat manusia-manusia pada siang dan malam, para malaikat itu bertemu ketika manusia sedang mengerjakan shalat Subuh dan shalat Ashar. Kemudian para malaikat melaporkan aktivitas manusia-manusia kepada Allah SWT.

5. Berpeluang mendapatkan pahala Haji dan Umroh bila berdzikir hingga terbitnya matahari Ketika kaum Muslim. Mengerjakan shalat Subuh dan mereka berdzikir sampai terbitnya matahari dan juga mengerjakan shalat sunnah dua rakaat, maka dia akan mendapatkan pahala yang sangat besar baginya yaitu seperti pahala haji dan umrah yang sempurna.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *