Waspada, Jangan Makan Buah Nanas Berlebihan, Bahayanya Bisa Sebabkan 6 Penyakit Ini

Jangan Makan Buah Nanas Berlebihan
foto : buah nanas
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Ini 6 Efek Samping Makan Buah Nanas untuk Kesehatan, Salah Satunya Reaksi Bromelain

Hajinews – Bagi Anda yang gemar mengonsumsi buah nanas, sebaiknya anda harus waspada.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pasalnya jika memakannya berlebihan, ternyata buah nanas bisa menyebabkan bahaya bagi tubuh Anda, diantaranya menimbulkan 6 penyakit ini.

6 penyakit tersebut diantaranya; seperti alergi, interaksi obat yang tidak diinginkan, diare dan muntah, serta peningkatan kadar gula darah.

Selain itu, buah nanas juga dapat menyebabkan kontraksi rahim yang dapat menyebabkan persalinan dini dan bahkan keguguran selama kehamilan.

Anda harus memastikan bahwa Anda tidak melewati jatah harian yang direkomendasikan 1 hingga 2 cangkir sehari.

Untuk meminimalisir hal tersebut, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja bahaya yang disebabkan buah nanas.

Dilansir dari curejoy, berikut bahaya yang disebabkan buah nanas jika dikonsumsi secara berlebihan, diantaranya:

1. Menyebabkan Reaksi Alergi

Nanas mengandung enzim yang dikenal sebagai bromelain, yang memiliki kemampuan mencerna protein.

Saat sebagian orang mengonsumsi nanas, mereka mendapat reaksi alergi ringan seperti gatal-gatal serta radang pada wajah dan lidah.

Biasanya, reaksi ini mereda dengan sendirinya dalam beberapa jam, tetapi jika tidak, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

Beberapa orang dapat mengembangkan asma dan rinitis juga ketika mereka mengonsumsi buah dalam jangka waktu yang lama.

Anda memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk alergi terhadap nanas jika Anda alergi terhadap zat lain, seperti serbuk sari, lateks, gandum, seledri, papain, wortel, dan adas. Berhati-hatilah jika Anda makan nanas untuk pertama kalinya.

2. Bereaksi Dengan Obat Di Tubuh Anda

Bromelain berinteraksi dengan obat-obatan tertentu di tubuh Anda karena itu Anda perlu berhati-hati saat makan nanas saat dalam pengobatan.

Ini meningkatkan penyerapan antibiotik tertentu seperti amoksisilin dan tetrasiklin. Ini juga meningkatkan risiko pendarahan jika Anda menggunakan pengencer darah seperti warfarin, clopidogrel, dan aspirin.

Berpikirlah dua kali sebelum makan nanas jika Anda mengonsumsi obat penenang seperti obat anti kejang, barbiturat, benzodiazepin, alkohol, antidepresan trisiklik, dan obat yang mengobati insomnia sebagai bromelain dapat memperbesar efek obat ini.

3. Merangsang Gigi Anda

PH nanas berkisar antara 3,3 sampai 5,2 yang berarti bersifat asam. Jika Anda mengonsumsi buah dalam jangka waktu lama secara teratur, email Anda terkikis, mengakibatkan gigi sensitif.

Anda harus menghindari mengonsumsi jus nanas murni atau menggigit buah jika gigi Anda sudah sensitif. Tindakan pencegahan akan mencegah kondisi gigi Anda menjadi lebih buruk.

4. Meningkatkan Kadar Gula Darah

Jika Anda penderita diabetes, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum makan nanas. Sama seperti buah manis lainnya, buah ini mengandung fruktosa, gula yang meningkatkan kadar glukosa darah Anda, dan menyebabkan masalah.

Dokter Anda akan mengetahui kondisi kesehatan Anda dengan baik dan akan dapat memberi tahu Anda apakah Anda boleh makan buah atau berapa banyak Anda boleh makan. Selalu berpegang pada asupan yang disarankan untuk menghindari komplikasi.

5. Menyebabkan Diare

Terlalu banyak, bahkan hal yang baik, itu buruk. Nanas mengandung serat, yang membantu pencernaan, tetapi kelebihan buah menyebabkan masalah seperti muntah dan diare.

Minum banyak air jika Anda menderita masalah seperti itu. Kunjungi dokter jika kondisi Anda tidak membaik dalam beberapa jam, atau jika memburuk.

Anda akan dapat mencegah masalah pencernaan ini jika Anda tetap mengikuti asupan harian yang direkomendasikan 1 hingga 2 cangkir buah per hari.

6. Nanas Mentah Berbahaya

Satu hal yang harus Anda ingat saat makan nanas adalah buahnya harus matang. Cium bagian bawah buah untuk mengetahui rasa manisnya dan cari warna kuning atau keemasan di bagian luar.

Saat Anda memotong buahnya, dagingnya akan berwarna kuning, berair, dan manis. Makan nanas mentah atau minum jusnya sangat berbahaya. dapat menyebabkan diare dan muntah yang parah, yang sangat sulit untuk diobati. Segera cari pertolongan medis jika Anda menelan nanas mentah.

Nah itulah bahaya makan buah nanas berlebihan, semoga bermanfaat.

Sumber : mantrasukabumi

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar