Ini 7 Makanan dan Minuman yang Membantu Mengatasi Asam Urat Bagi Penderita Asam Urat

Ini 7 Makanan dan Minuman yang Membantu Mengatasi Asam Urat Bagi Penderita Asam Urat
Ini 7 Makanan dan Minuman yang Membantu Mengatasi Asam Urat Bagi Penderita Asam Urat
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Asam urat merupakan salah satu penyakit radang sendi yang paling banyak diderita.

Asam urat terjadi ketika kadar asam urat yang tinggi dalam darah menyebabkan kristal terbentuk dan menumpuk di dalam dan di sekitar sendi.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Asam urat diproduksi ketika tubuh memecah zat kimia yang disebut purin. Purin terbentuk secara alami di tubuh manusia, tetapi juga ditemukan dalam makanan tertentu.

Agar asam urat tidak kambuh, beberapa hal yang dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang rendah purin atau makanan yang dapat menurunkan purin.

Berikut makanan yang baik dikonsumsi penderita asam urat tidak kambuh sebagaimana dilansir dari Homage.sg pada 15 Agustus 2021.

1. Buah-buahan

Semua buah baik. Meskipun banyak buah mengandung gula tinggi, gula dalam buah tampaknya tidak meningkatkan asam urat, sebagian karena mereka dicerna dengan cara yang lebih lambat dan lebih stabil daripada gula rafinasi.

Beberapa buah bahkan aktif melawan asam urat; ceri dan ekstrak ceri sering digunakan sebagai obat alami untuk asam urat.

2. Sayuran

Sayuran segar, beku atau kalengan harus menjadi bagian utama dari makanan Anda, hal ini karena manfaat kesehatannya yang sangat besar bahkan melampaui obat untuk asam urat.

Makan banyak sayuran sebenarnya menurunkan risiko banyak kondisi kesehatan serius dan penyakit terkait obesitas seperti stroke, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

3. Kacang-kacangan

Protein nabati seperti lentil dan kacang-kacangan adalah makanan yang sehat dan bergizi yang mengandung protein dan rendah purin sehingga baik untuk penderita asam urat.

4. Produk Susu Rendah Lemak

Produk susu baik untuk asam urat dan susu rendah lemak sebenarnya sangan membantu mengurangi gejala asam urat.

Telur juga merupakan sumber protein yang baik dan baik untuk diet rendah purin, yang juga penangkal asam urat.

5. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah makanan yang baik yang mengandung lemak, protein, dan serat sehingga makanan ini sangat dianjurkan dikonsumsi penderita asam urat.

6. Minuman (air, teh dan kopi)

Secara umum, minum banyak air baik untuk ginjal Anda (kecuali Anda telah diberitahu bahwa Anda harus membatasi asupan cairan karena kondisi medis atau alasan lain).

Teh dan kopi juga baik untuk meredakan asam urat, dan ada bukti bahwa kopi sebenarnya baik untuk mencegah asam urat.

7. Gandum Utuh

Beralih dari karbohidrat olahan seperti makanan yang terbuat dari tepung putih atau nasi putih ke diet kaya biji-bijian sangat bagus untuk kesehatan menyeluruh Anda, dan dapat membantu meningkatkan beberapa pemicu asam urat.

Biji-bijian utuh termasuk beras merah dan roti gandum. Oat, di sisi lain, relatif tinggi purin dan harus dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Itulah 7 jenis makanan dan minuman yang wajib dikonsumsi penderita asam urat karena rendah purin.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *