Dengan Bersepeda Bisa Bikin Kita Panjang Umur, Inilah 6 Manfaat Lainnya

Inilah 6 Manfaat Lain Bersepeda
Dengan Bersepeda Bisa Bikin Kita Panjang Umur, Inilah 6 Manfaat Lainnya
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Olahraga sepeda belakangan sedang hits di kalangan muda maupun tua. Selain menyenangkan, bersepeda juga punya manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, lho.

Nah, di bawah ini 6 diantaranya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Menambah kekuatan dan keseimbangan tubuh

Bersepeda menuntut tubuh untuk tetap tegak. Nah, posisi seperti ini mampu menambah kekuatan dan keseimbangan yang dapat mengurangi risiko patah tulang, meskipun tidak dirasakan secara langsung.

Selain itu, rutin bersepeda juga baik bagi kamu yang tengah mengalami patah tulang. Pasalnya, bisa memberikan hanya sedikit tekanan pada sendi. Jadi, tidak akan memicu rasa sakit saat melakukannya.

2. Mengatasi gangguan mental

Berolahraga atau aktivitas fisik lainnya seperti bersepeda mampu mengatasi berbagai gangguan kesehatan mental. Beberapa diantaranya adalah stres, kecemasan berlebih, dan depresi. Hal ini dikarenakan hormon dopamin yang dipicu keluar saat kamu melakukannya.

Hormon ini berperan dalam meningkatkan rasa bahagia. Jadi, jika kamu rajin bersepeda, bisa dipastikan akan terhindar dari berbagai perasaan yang mengganggu kesehatan mental tersebut.

3. Mengurangi risiko penyakit berbahaya

Seperti diketahui, olahraga merupakan salah satu cara yang bisa mengurangi berbagai risiko penyakit berbahaya. Manfaat ini bisa didapatkan dari bersepeda yang mampu memperkuat otot jantung. Selain itu, meningkatkan penyebaran darah ke seluruh tubuh. Dengan begitu kamu akan terhindari dari stroke, serangan jantung, dan hipertensi.

Penyakit lain yang juga bisa dilawan pertumbuhannya adalah diabetes dan kanker. Hal ini dikarenakan bersepeda dapat memicu kestabilan hormon insulin. Jadi, jika kamu rutin melakukannya, risiko terkena penyakit tersebut, khususnya usus besar dan payudara akan mengecil.

4. Menjaga otot dan sendi

Manfaat lain dari bersepeda adalah menjaga kekuatan otot serta sendi. Khususnya di bagian kaki, paha, bokong, bahu, pinggang, perut, dan lengan. Tak hanya itu, kamu juga akan terhindar dari nyeri juga kaku di area-area tersebut.

5. Mempertahankan berat badan ideal

Jika kamu ingin mempertahankan berat badan ideal, bisa diwujudkan dengan rajin bersepeda. Menurut studi, olahraga ini dapat membakar hingga 600 kalori hanya dalam waktu 1 jam saja.

Namun, guna hasil yang lebih maksimal, kamu juga perlu mengimbanginya dengan pola hidup sehat lain. Misal, tidak begadang, perhatikan asupan makanan, dan rutin mengonsumsi air putih. Jadi, tubuh tetap ideal dan terjaga kesehatannya.

6. Memperpanjang usia

Tahukah kamu jika rutin berolahraga dapat menurunkan risiko kematian dini dan memperpanjang usia? Manfaat ini bisa kamu peroleh dengan bersepeda. Aktivitas berat dianggap mampu mencegah penuaan, bahkan hingga ke tingkat sel.

Pernyataan ini didapatkan dari survei terhadap pesepeda di Perancis. Mereka mengungkapkan bahwa usia rata-rata yang rutin bersepeda ini bisa mencapai lebih dari 81 tahun.

Itulah keenam manfaat yang bisa diperoleh dari rutin bersepeda. Apakah kamu sering melakukan jenis olahraga ini dan merasakan salah satu poin yang disebutkan diatas?

Sumber: suara

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *