Waspada! Anda Bisa Terkena Penyakit Kanker karena 5 Kebiasaan Sepele Ini, Salah Satunya Duduk Terlalu Lama

Anda Bisa Terkena Penyakit Kanker karena 5 Kebiasaan Sepele Ini
Anda Bisa Terkena Penyakit Kanker karena 5 Kebiasaan Sepele Ini
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Berikut 5 kebiasaan sepele yang harus diwaspadai karena bisa menyebabkan penyakit kanker, salah satunya duduk terlalu lama.

Penyakit kanker sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kerusakan sel, jaringan, organ, bahkan bisa menyebabkan kematian pada penderitanya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tak heran bila penyakit ini sangat ditakuti di dunia. Banyak orang rela melakukan berbagai upaya seperti menjaga pola makan hingga berolahraga agar terhindar dari kanker.

Namun ternyata ada beberapa kebiasaan sepele dalam kehidupan sehari-hari yang tanpa disadari dapat memicu pertumbuhan sel-sel kanker.

Meski tampak sepele, kebiasaan tersebut patut diwaspadai. Lantas apa saja kebiasaan yang dimaksud? Berikut ulasannya, dilansir dari EMC Hopsital.

1. Jarang terpapar sinar matahari

Sinar matahari seringkali dihidari sebagian orang karena alasan merawat kecantikan. Padahal, paparan matahari sangat dibutuhkan tubuh untuk mendapatkan vitamin D.

Sebuah studi membuktikan bahwa orang yang jarang terkena paparan matahari selama 30 tahun memiliki risiko lebih besar terkena penyakit kanker.

2. Makan tidak terkontrol

Makan memang merupakan aktivitas yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Meski demikian, terlalu banyak makan juga termasuk kebiasaan yang tidak baik.

Meski tampak sepele, kebiasaan makan berlebih akan memicu obesitas, menurukan kesuburan, serta meningkatkan risiko terkena penyakit kanker.

3. Duduk terlalu lama

Sebagian besar pekerja kantoran menghabiskan waktu mereka dengan duduk sembari mengerjakan tumpukan tugas sekira 8 jam sehari.

Namun kebiasaan ini tidak baik karena risiko terkena penyakit kanker payudara, endometrium, hingga kolorektal meningkat karena kurangnya aktivitas fisik.

Oleh karena itu, lakukan aktivitas fisik sederhana seperti meregangkan bagian tubuh untuk menghindari peningkatan risiko kanker.

Beberapa aktivitas fisik seperti berjalan-jalan atau merenggangkan tangan, senam di pagi hari, dan berbagai aktivitas lainnya dapat dilakukan secara rutin.

4. Menaruh HP dekat kepala saat tidur

Di era kemajuan teknologi, manusia susah dipisahkan dari gadget seperti HP. Terkadang sebagian orang menaruh gadget di dekat bantal sebelum tidur.

Akan tetapi, kebiasaan sepele ini bisa meningkatkan risiko kemunculan sel-sel kanker pada otak akibat paparan energi frekuensi radio dari HP.

5. Minum minuman beralkohol dan rokok

Gaya hidup tidak sehat seperti terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol serta merokok juga bisa menyebabkan penyakit kanker dalam jangka panjang.

Jika ingin sehat, hindari kebiasaan tersebut untuk meminimalkan risiko terkena penyakit kanker. Adapun kanker akibat kebiasaan tersebut seperti pada bagian payudara, jantung, paru-paru, dan lain-lain. [jmbr]

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *