Inilah 8 Gejala yang Perlu Diwaspadai Kanker Lambung Stadium Awal Yang Sulit Dideteksi

Gejala Kanker Lambung
Gejala Kanker Lambung
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id Penyakit kanker pada dasarnya dapat dikendalikan. Tetapi itu tergantung pada faktor yang sangat penting, yaitu menemukan bibit kanker sebelum ia memiliki kesempatan untuk berkembang dan menyebar lebih lanjut.

Meskipun kanker lambung bukanlah penyakit yang paling umum diidap oleh warga AS, tetapi sayangnya, ini mengartikan bahwa pendeteksian awal kurang mendapat perhatian sehingga ketika ditemukan ada keganjilan, sering disalah tafsirkan atau bahkan tidak terdeteksi sama sekali.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Meskipun kanker lambung di awal stadiumnya sulit dikenali, tetapi berupaya mengetahui tanda-tandanya dapat memberi kita waktu kritis untuk mengatasinya. Seperti yang ditunjukkan oleh American Cancer Society : Seseorang dengan salah satu dari gejala yang dalam waktu yang lama tidak kunjung menghilang, bahkan memburuk, harus segera menemui dokter.

Berikut ini adalah gejala umum dari kanker lambung :

Sensasi terbakar di dada bagian tengah atau perut bagian tengah atas

Gejala umum dari naiknya asam lambung ke esofagus (Acid reflux), ketika makanan atau minuman dalam lambung naik ke kerongkongan, orang akan mengalami panas dada seperti terbakar dan mulut terasa pahit. Jelas, hal ini akan menyebabkan banyak ketidaknyamanan bagi yang bersangkutan.

Jika kita tidak makan atau minum sesuatu yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung, seperti alkohol, makanan pedas, cokelat, kafein, dan makanan asam, tetapi gejala itu acap kali terjadi, mungkin sudah saatnya untuk berbicara dengan dokter dan minta pemeriksaan kanker lambung.

Banyak sakit perut yang tidak ada hubungannya dengan kanker lambung. Beberapa sakit perut disebabkan oleh masalah pola makan, seperti tidak cukup makan makanan berserat atau makan makanan yang sudah basi.

Beberapa disebabkan oleh gastroenteritis, yaitu masalah peradangan pada saluran pencernaan, lambung dan usus. Dan wanita juga mengalami sakit perut selama datang bulan.

Tetapi jika bukan karena alasan di atas, dan sakit perut sangat parah dan berulang, sebaiknya pergi ke dokter.

Banyak orang pernah mengalami sakit perut, baik karena keracunan makanan atau virus gastroenteritis (alias flu perut), yang berlangsung singkat tetapi intens.

Namun, jika kita sering muntah, apakah muntah disertai darah atau tidak, kita wajib mencari tahu alasannya.

Diare atau sembelit yang parah

Jika kita mengalami diare atau sembelit yang parah, ini mungkin ada kaitannya dengan kanker lambung. Tentu saja, mungkin ada alasan lain juga. Tetapi jika diare atau sembelit datang tanpa alasan yang jelas dan gejalanya parah, sebaiknya mencari tahu alasan medisnya.

Jika kita semakin tidak tertarik pada makanan, mungkin sudah waktunya untuk mencari tahu apa yang ada di baliknya. Fenomena ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus seperti radang paru (pneumonia), radang saluran pencernaan (gastroenteritis) atau radang selaput otak (meningitis). Namun, jika hasil pemeriksaan medis kita telah mengesampingkan penyakit ini, maka perlu untuk melakukan skrining kanker lambung. Menurut American Cancer Center, gejala ini juga dapat disertai dengan penurunan berat badan yang cukup cepat.

Meskipun sulit untuk menentukan apa penyebab kelelahan, tetapi kelelahan yang parah dapat disebabkan oleh sejumlah alasan, dan kanker lambung hanyalah salah satunya. Namun, jika kita juga mengalami beberapa gejala yang dijelaskan sebelumnya, dan kebetulan kita terus terasa lelah, maka perlu waspada terhadap kanker lambung.

Menurut American Cancer Center, salah satu gejala kanker lambung adalah sensasi kenyang di di perut bagian atas meskipun yang bersangkutan hanya makan sedikit.

Last but not least, stres terus-menerus dapat menurunkan kekebalan, membuat kita rentan terhadap virus dan bakteri, dan memicu kanker lambung. Jika kita memiliki gejala di atas dan mengalami stres yang tinggi dalam pekerjaan dan kehidupan ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis.

Meskipun kanker lambung sulit dideteksi pada stadium awal, tetapi mencoba mendeteksi lebih dini dan mengobatinya lebih dini mungkin merupakan cara terbaik dalam mencegahnya untuk berkembang lebih lanjut.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *