Tanda-tanda Kolesterol Tinggi di Tubuh yang Tidak Bisa diabaikan

Tanda-tanda Kolesterol Tinggi
Tanda-tanda Kolesterol Tinggi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Mengetahui tanda-tanda kolesterol penting untuk menghindari risiko penyakit yang mematikan. Anda mungkin tidak tiba-tiba bisa merasakan kondisi tersebut, namun penumpukan kolesterol lambat laun menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Penumpukan plak yang mengandung kolesterol dan lemak pada dinding arteri disebut aterosklerosis. Oleh karena itu, orang dengan kolesterol tinggi berisiko terkena aterosklerosis, yang dapat mempersempit pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke organ vital.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Aterosklerosis sering dikaitkan dengan masalah jantung dan pembekuan darah di otak. Namun, kondisi tersebut sebenarnya bisa mempengaruhi pembuluh darah di mana saja.

Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi yang Umum

Kolesterol tinggi mulanya tidak menimbulkan gejala spesifik. Meski begitu, tetap waspadai tanda-tanda umum yang sering dilaporkan pengidapnya berikut ini:

  1. Sesak Napas

Penumpukan plak akibat kolesterol tinggi sangat rentan memengaruhi kesehatan jantung. Akibatnya, seseorang acap kali mengeluhkan sesak napas, nyeri dada, atau bahkan gabungan dari keduanya. Kondisi kian terasa menyakitkan jika pengidapnya mempunyai faktor risiko penyakit jantung.

  1. Sakit Kepala

Sakit kepala pada pengidap kolesterol tinggi bukanlah disebabkan oleh kerusakan struktur tengkorak, melainkan penyumbatan pembuluh darah di otak. Lambat laun hal ini bisa menyebabkan masalah serius, seperti stroke. Sakit kepala di bagian belakang yang muncul bisa sangat mengganggu dan terasa berat bahkan mengganggu aktivitas.

  1. Cepat Lelah dan Ngantuk

Aliran darah yang tidak berjalan dengan optimal menyebabkan kinerja tubuh terhambat dan stamina berkurang. Akibatnya, seseorang mudah lelah dan ngantuk.

  1. Impotensi

Impotensi dapat terjadi pada pria dengan kadar kolesterol jahat yang tinggi. Masalah ini ditandai ketidakmampuan pria untuk mempertahankan ereksi dengan baik sehingga memengaruhi gairah seksual.

  1. Obesitas dan Diabetes

Penumpukan trigliserida (lemak) dalam tubuh meningkatkan berat badan secara drastis. Terlebih, pola makan yang tidak sehat akan berdampak pada kenaikan gula darah. Oleh karena itu, orang dengan kolesterol tinggi berisiko besar terkena obesitas dan diabetes.

Tanda-tanda Kolesterol Tinggi di Kaki

Penumpukan plak di arteri tungkai dan kaki dapat menyebabkan Penyakit Arteri Perifer (PAD). Diagnosis dan pengobatan sejak dini penting untuk mengurai risiko yang akan ditimbulkannya. Berikut tanda-tanda kolesterol di kaki dikutip dari Health:

  1. Nyeri Otot

Tanda umum PAD adalah jenis nyeri otot yang dikenal sebagai klaudikasio. Gejala klaudikasio meliputi nyeri, kram, mati rasa, dan kelelahan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *