Kultum 147 : Bulan Dzulhijjah yang Sering Terabaikan

Bulan Dzulhijjah yang Sering Terabaikan
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Karena itulah maka amalan yang dilakukan selama 10 hari pertama Dzulhijjah menjadi amal yang sangat dicintai Allah. Melebihi amal soleh yang dilakukan di luar batas waktu itu. Diriwayatkan dari Ibn Abbas Radhiallahu ‘anhu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الأَيَّامِ.

يَعْنِى أَيَّامَ الْعَشْرِ. قَالُوا يَا رَسُولَ

اللَّهِ وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ

وَلاَ الْجِهَادُ فِى سَبِيلِ اللَّهِ إِلاَّ رَجُلٌ

خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ

مِنْ ذَلِكَ بِشَىْءٍ

Artinya:

Tidak ada hari di mana suatu amal salih lebih dicintai Allah melebihi amal salih yang dilakukan di sepuluh hari ini (sepuluh hari pertama Dzulhijjah), para sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, termasuk lebih utama dari jihad fi sabilillah?’ Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Termasuk lebih utama dibanding jihad fi sabilillah. Kecuali orang yang keluar dengan jiwa dan hartanya [ke medan jihad), dan tidak ada satupun yang kembali (mati dan hartanya diambil musuh]’ (HR. Ahmad no. 1968; Bukhari no. 969; dan Turmudzi no. 757).

Bahkan dalam riwayat yang lain, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak ada amalan yang lebih suci di sisi Allah dan tidak ada yang lebih besar pahalanya dari pada kebaikan yang dia kerjakan pada sepuluh hari al-Adha” (HR. Ad-Daruquthni). Menurut Al-Hafidz Ibn Rajab, hadits ini menunjukkan bahwa beramal pada sepuluh hari bulan Dzulhijjah lebih dicintai di sisi Allah daripada beramal pada hari-hari yang lain, tanpa pengecualian. Sementara itu, jika suatu amalan itu lebih dicintai Allah, artinya amal itu lebih utama di sisi-Nya.

Berdasarkan dua ayat dan tiga hadits serta urain di atas maka kita sudah sampai pada poin bahwa sudah tiba saatnya kita perlu menyadarkan umat Islam tentang hal penting ini. Mari kita ajak mereka untuk bersama-sama menyemarakkan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah dengan berbagai amal shalih dan ibadah, sebagaimana ketika mereka menyemarakkan bulan Ramadan.

Mari kita jadikan 10 hari pertama sebagai ladang untuk mendulang jutaan pahala amal shalih. Beberapa amal shalih yang dianjurkan untuk dikerjakan selama 10 hari pertama itu misalnya memperbanyak puasa sunah selama 9 hari pertama; memperbanyak takbiran dan dzikir; dan banyak melakukan amal shalih apapun bentuknya.

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat kita untuk bersyukur dan selalu berdoa sesuai ajaran Rasulullah, dan kalau sekiranya bisa memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                            

  —ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *