Apakah Benar Telur Baik untuk Penderita Diabetes? Berikut Faktanya

Telur Baik untuk Penderita Diabetes
Telur rebus
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Artikel kali ini akan membahas apakah telur baik untuk penderita diabetes. Pasalnya, telur mengandung sumber protein tinggi yang dibutuhkan tubuh.

Sebuah laporan dari American Diabetes Association (ADA) menganggap telur sebagai pilihan yang sangat baik bagi penderita diabetes, menurut Healthline.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Faktanya, sebutir telur berukuran besar hanya mengandung sekitar setengah gram karbohidrat dan 7 gram protein berkualitas tinggi serta nutrisi penting lainnya. Berdasarkan kandungan tersebut, telur tampaknya baik untuk penderita diabetes. Sementara itu, penelitian tahun 2018 menunjukkan bahwa makan telur secara rutin dapat meningkatkan kadar gula darah puasa pada penderita pradiabetes atau diabetes tipe 2.

Para peneliti juga percaya bahwa makan sebutir telur sehari dapat mengurangi risiko diabetes.

Selain itu, penelitian tahun 2015 juga menunjukkan bahwa penderita pradiabetes atau diabetes tipe 2 tidak mengalami perubahan negatif pada profil lipid darahnya saat makan telur.

Oleh karena itu, ADA menganjurkan masyarakat mengonsumsi kolesterol kurang dari 300 mg per hari.

Telur diketahui mengandung sebagian besar protein pada bagian putihnya, sedangkan kuning telurnya banyak mengandung lemak sehat, vitamin A, D, E, dan K, serta antioksidan seperti lutein. Ditambah lagi, telur kaya akan vitamin B-12 dan mineral seperti zat besi, tembaga, dan seng.

Untuk lebih rinci, berikut nilai gizi pada satu butir telur rebus berukuran besar.

  • 6.25 gram protein
  • 4.74 gram lemak
  • 0.35 gram karbohidrat
  • 72 kalori’

Selain itu cara paling sehat untuk memasak telur adalah dengan merebus atau mengorak-ariknya dengan susu rendah lemak. Anda juga bisa menambahkan telur dengan sayuran cincang atau salad daripada menyantapnya bersama makanan berlemak jenuh tinggi, misalnya bacon atau keju.

Jika membuat telur goreng, Anda dapat mengganti minyak goreng dengan minyak yang lebih menyehatkan jantung, seperti minyak jagung, kanola, atau minyak zaitun.

Demikian jawaban dari pertanyaan apakah telur baik untuk penderita diabetes?.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *