Tafsir Al-Quran Surat Adz-Dzariyat 7-14: Berpaling Dari Al Quran dan Sunnah Rasul Akan Menyebabkan Kesesatan

Berpaling Dari Al Quran dan Sunnah Rasul
Prof. Dr. KH Didin Hafidhuddin, Anggota Dewan Penasihat Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Menjawab pertanyaan tentang apa balasan bagi orang yang berpaling dari ajaran agama? Orang ini akan mengalami kehidupan yang sempit, semrawut, dan kelak di akhirat mereka akan dikumpulkan dalam keadaan buta. Orang ini masih protes kepada Allah SWT, mengapa sekarang menjadi buta, walaupun sebenarnya ketika di dunia mereka dapat melihat. Allah SWT menjawab nya karena selama di dunia sering melupakan ajaran Al-Quran. Perhatikan Surat Thaha ayat 124-126 “Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sungguh, dia akan menjalani kehidupan yang sempit, dan Kami akan mengumpulkannya pada hari Kiamat dalam keadaan buta.” Dia berkata, “Ya Tuhanku, mengapa Engkau kumpulkan aku dalam keadaan buta, padahal dahulu aku dapat melihat?” Dia (Allah) berfirman, “Demikianlah, dahulu telah datang kepadamu ayat-ayat Kami, dan kamu mengabaikannya, jadi begitu (pula) pada hari ini kamu diabaikan.” Tanda-tanda akhir zaman yang disebutkan dalam hadist Rasulullah SAW, “Tidak tersisa dari Al-Quran, kecuali tulisannya. Tidak tersisa dari islam, kecuali namanya. Masjidnya besar-besar, tapi tidak ada jamaahnya”. Tapi, akan selalu ada kelompok yang membela kebenaran, hingga terjadi kiamat.

Menjawab pertanyaan bagaimana tip supaya anak rajin shalat? Ada empat cara, (1) berikan pengetahuan. Shalat itu adalah ciri atau identitas seorang muslim, (2) berikan pembiasaan. Anak dibiasakan shalat, walau pun bacaannya masih belum benar. Jika seorang anak sudah dapat membedakan tangan kanan dan tangan kiri, maka suruhlah dia shalat, (3) berikan contoh oleh orang tuanya. Anak diajak ke masjid, dipangku, digendong, dll. (4) berikan rewards and punishment. Misalnya anak yang rajin shalat silakan dipuji atau diberi hadiah. Sebaliknya, jika anak melakukan pelanggaran, silakan diberi hukuman, yang berlandaskan kasih sayang.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menjawab pertanyaan apa maksdnya Allah SWT akan mengangkat kaum dengan Al-Quran. Sahabat Rasulullah SAW menjadi generasi Al-Quran, mengamalkan Al-Quran. Pada waktu itu ekonomi dan bisnisnya maju. Kemuliaan itu ada dalam Al-Quran. Al-Quran mengajarkan kita untuk memiliki etos kerja, berbuat baik pada tetangga, memuliakan manusia. Jangan mencari kemuliaan di luar Al-Quran.

Mari kita tutup pengajian kita dengan doa kiffarat majelis. “Subhaanaka allahumma wa bihamdika. Asy-hadu an(l) laa ilaaha illaa anta. Astaghfiruka wa atuubu ilaika”. Demikian catatan ringkas ini. Silakan ditambahi dan disempurnakan oleh hadirin yang sempat mengikuti Ta’lim Bakda Subuh Professor Didin Hafidhuddin tersebut. Terima kasih, semoga bermanfaat. Mohon maaf jika mengganggu. Salam. Bustanul Arifin

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *