Hikmah Malam: Pesan Abu Bakar Menjelang Kematiannya

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Diriwayatkan oleh Al-Bahi, mantan hamba sahaya dari Mush’ab bin Zubair, dia berkata bahwa menjelang datangnya sakaratul maut kepada Abu Bakar Ash- Shiddiq, Aisyah datang untuk mendampinginya. Dia kemudian mengucapkan sebuah syair:

“Demi Allah, harta benda tidaklah dapat melindungi seseorang ketika, sedang menghadapi sakaratul maut sehingga menyebabkan dada terasa sempit.”

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mendengar bait-bait syair tersebut, Abu Bakar menyingkapkan wajahnya dan berkata, “Tidaklah demikian! Akan tetapi, katakanlah: Dan, datanglah sakaratul maut dengan sebenar-benarnya. Itulah yang dahulu hendak kamu hindari.” (QS Qaf ayat 19).

Abu Bakar lalu berkata, “Perhatikanlah kedua pakaianku ini dan cucilah. Lalu gunakan keduanya untuk mengkafaniku. Karena, orang yang masih hidup lebih membutuhkan pakaian baru dibandingkan orang yang telah meninggal.” (Az-Zuhud, 2/14; Imam Ahmad dan Thabaqat Ibnu Sa’ad, 3/197)

Seperti itulah seorang dermawan sejati. Pada saat-saat akhir kehidupannya, pada saat yang teramat sulit, dia masih berpikir tentang kebaikan apa yang bisa diberikan kepada sesamanya. Dan, itulah Abu Bakar Ash-Shiddiq.

Team Tasdiqul Quran

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *