6 Manfaat Daun Kenikir Bagi kesehatan

Manfaat Daun Kenikir
Daun kenikir
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



  1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Terdapat suatu kajian ilmiah yang menyatakan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi pada ekstrak daun kenikir dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Namun, belum ada penelitian medis yang bisa membuktikan bahwa daun kenikir efektif sebagai pengobatan kanker.

  1. Melancarkan pencernaan

Manfaat daun kenikir satu ini berasal dari kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Serat dapat memperlancar proses pencernaan dengan cara menyerap air ke dalam usus besar. Hal ini bisa membuat buang air besar menjadi lebih lancar.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

  1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat daun kenikir selanjutnya adalah memelihara kesehatan jantung. Hal ini karena kandungan antioksidan dan antiradang di dalamnya yang dapat mencegah kerusakan sel akibat bahaya radikal bebas, sehingga bisa mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat daun kenikir untuk mencegah penyakit jantung.

Cara Mengonsumsi Daun Kenikir yang Aman

Daun kenikir paling umum dikonsumsi sebagai lalapan. Namun, Anda juga bisa menggunakan daun ini untuk diolah sebagai teh herbal dengan cara merebusnya, lalu minum air rebusan tersebut. Selain itu, daun kenikir saat ini juga sudah banyak tersedia dalam bentuk suplemen herbal.

Jika pengolahannya benar, daun kenikir bisa menjadi sumber nutrisi ketika dikonsumsi. Berikut ini adalah cara mengolah daun kenikir:

  • Cuci bersih daun kenikir dengan air mengalir.
  • Panaskan air yang telah dicampur sedikit garam di dalam panci.
  • Masukkan daun kenikir ke dalam air dan masak hingga matang.
  • Angkat dan tiriskan daun kenikir.

Meski daun kenikir memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, perlu diingat bahwa semua manfaat daun kenikir yang telah disebutkan di atas belum didukung oleh bukti klinis yang memadai.

Penelitian yang dilakukan masih sebatas pada hewan percobaaan, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas maupun efek sampingnya pada manusia.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki suatu kondisi medis dan ingin mendapatkan manfaat daun kenikir sebagai obat herbal, sebaiknya konsultasikan lebih dahulu dengan dokter, terlebih jika Anda sedang mengonsumsi obat dari dokter atau menderita penyakit tertentu.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *