BOIKOT

BOIKOT
boikot produk israel
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Ust. Budi Ashari Lc.

Hajinews.co.id – Izinkan saya sedikit berkisah di awal tulisan ini. Suatu hari saya menghadiri sebuah kajian yang disampaikan oleh seorang syekh dari Palestina di Jakarta. Di tengah menyampaikan kajian, syekh tersebut tersedak dan batuk-batuk. Panitia segera menyodorkan minuman merek tertentu. Tetapi anehnya syekh tersebut tidak menyentuhnya dan terus mengisi sambil batuk-batuk. Setelah selesai, kami mengerumuni beliau kemudian beliau disodori teh dan beliau meminumnya sambil berkata, “Teh Jawa lebih saya sukai daripada air yang pelurunya dipakai untuk menembaki kami. Kami yang merasakannya!”

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Saat itu memang tidak sedang terjadi perang di Palestina, sehingga membuat panitia dan kita-kita kehilangan sensitifitas terhadap hal tersebut. Maafkan kami, syekh…

Di perang ini, inisiatif boikot produk-produk Israel dan produk-produk yang mendukung Israel kembali menggema. Berbagai berita tentang pemboikotan di berbagai negeri terlihat sangat serius. Bahkan ada cara-cara yang unik dilakukan oleh muslimin di berbagai negara dalam memboikot.

Dan nyata terlihat hasilnya:

Strabuck’s terlihat kosong tempatnya di berbagai tempat dan jatuhnya harga saham. Sahamnya turun 10,8% sejak 16 November, itu artinya kerugian 13,26 Milyar US Dollar dari nilai perusahaan di pasar. Sahamnya terus turun secara konsisten. Cabangnya di beberapa negara terpaksa tutup.

Mc Donald’s mengalami kerugian, di sebagian tempat penjualannya turun hingga 80% yang menyebabkan mereka terpaksa mengurangi jumlah karyawannya.

Puma memutuskan kerjasama dengan kesebelasan Israel.

Zara meminta maaf kepada pelanggannya setelah sempat menaikkan gambar yang tidak punya rasa

“Jangan pernah percaya kalau ada yang berkata kepada anda bahwa boikot tidak memberi dampak,” kata seorang wanita tak berjilbab di video ini.

Di Maroko dua merek ternama Starbuck’s dan H&M menyatakan keluar dari negara tersebut. Terlepas ada perbedaan pendapat tentang sebab terusirnya yang pasti masyarakat Maroko tidak doyan dengan keduanya!

Berikut data penting 10 merek yang memberikan sumbangan uang tahunan kepada Israel:

  1. Google = 10 juta US$
  2. Facebook = 15 juta US$
  3. Boeing = 20 juta US$
  4. LG = 25 juta US$
  5. Adidas = 30 juta US$
  6. Nestle = 50 juta US$
  7. Pepsi = 75 juta US$
  8. Papa John’s = 100 juta US$
  9. Mc Donald’s = 150 juta US$
  10. Coca cola = 200 juta US$

Ini sepuluh merek yang terus terang membela dan memberikan uang mereka untuk Israel dan jumlah angka yang disampaikan secara terbuka. Tapi berapa angka sesungguhnya, kita sudah hapal dengan pola Israel memberitakan.

Belum lagi perusahaan-perusahaan yang memberi sumbangan di balik meja dengan angka fantastik.

Starbuck’s tidak masuk di jajaran pemberi sumbangan di atas, karena mereka mengklaim tidak ikut menyumbang. Tetapi berikut data penting tentang starbuck’s:

  1. Di Israel (Negeri Palestina yang mereka rampas) saja terdapat lebih dari 100 cabang starbuck’s dengan lebih dari 3000 karyawan
  2. Mempunyai pabrik kopi di Israel
  3. Tahun 2014 Starbuck’s menolak lantang di dunia internasional tentang keputusan PBB yang menghentikan serangan Israel ke Palestina
  4. Sebagian sumber mengatakan bahwa yang disumbangkan ke Israel berkisar antara 50-100 juta US$

Berikut data lainnya:

  1. Mc Donald’s mempunyai lebih 200 cabang di dalam Israel
  2. Coca cola mempunyai pabrik di dalam Israel dan merupakan salah perusahaan terbesar di timur tengah
  3. Domino’s Pizza mempunyai lebih dari 100 cabang di Israel dan termasuk salah satu pasar terbesar di timur tengah

Mungkin saja, semua data di atas sudah kita kantongi. Bahkan kita pun sudah ambil bagian dalam jihad boikot ini dalam batas yang kita mampu.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *