Kamu Harus Tahu! Inilah Daftar Makanan dan Minuman Yang Merusak Ginjal di Usia Muda

Makanan dan Minuman Yang Merusak Ginjal di Usia Muda
ilustrasi: kesehatan ginjal/pexel
banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



banner 678x960

banner 400x400

Hajinews.co.id – Kesehatan merupakan hal penting yang tidak semua orang mampu membelinya. Menjaga kesehatan sebaiknya dilakukan dengan berbagai cara, seperti aktivitas fisik dan konsumsi makanan dan minuman bergizi. Tujuan menjaga kesehatan tubuh adalah untuk mencegah risiko penyakit, termasuk penyakit ginjal.

Risiko penyakit masuk ke dalam tubuh meningkat ketika fungsi ginjal menurun. Oleh karena itu, kesehatan ginjal adalah tanggung jawab setiap orang.

Bacaan Lainnya


Salah satu cara mencegah penyakit ginjal adalah dengan mengurangi atau menghindari makanan dan minuman yang dapat merusak ginjal. Berikut beberapa informasi mengenai makanan dan minuman yang dapat merusak ginjal saat masih muda.

  1. Kafein

Setiap makanan ataupun minuman apabila dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik. Sama halnya dengan kafein yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan terutama pada ginjal.

Penurunan fungsi ginjal dan peningkatan risiko penyakit menjadi salah satu penyakit yang bisa didapatkan apabila seseorang mengonsumsi 3-4 cangkir kopi setiap hari. Namun, perlu diketahui kandungan kafein tidak hanya terdapat pada kopi melainkan juga pada teh, soda, dan coklat.

  1. Minuman Bersoda

Minuman bersoda terutama yang berwarna gelap memiliki kandungan fosfor. Kandungan ini biasanya digunakan oleh produsen untuk membuat produk menjadi lebih awet dan menambah rasa.

Selain fosfor, minuman bersoda juga bisa mengandung sodium dan zat pemanis yang berpengaruh terhadap ginjal. Maka dari itu, sebaiknya minuman bersoda dibatasi atau dikurangi terutama bagi orang yang memiliki riwayat sakit ginjal.

  1. Makanan Tinggi Garam

Biasanya asupan garam yang terlalu tinggi dapat menyebabkan keseimbangan sodium dan kalium (potasium) dalam tubuh rusak. Hal ini menyebabkan kedua zat tersebut tidak bisa berfungsi dengan baik untuk ginjal dalam mengumpulkan cairan dari dinding pembuluh darah.

Apabila sodium memiliki kadar yang melebihi batas wajar, maka ginjal tidak lagi bisa menarik cairan dari dalam pembuluh darah secara efektif sehingga menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi dan penyakit ginjal.

Hal lain yang disebabkan oleh konsumsi garam yang berlebihan yakni peningkatan jumlah protein dalam urine yang dapat menyebabkan turunnya fungsi ginjal. Contoh makanan yang memiliki kadar garam tinggi adalah pizza, makanan beku, camilan ringan, dressing salad, acar, dan sayur kalengan.

  1. Produk Susu

Susu, keju, mentega, yogurt tentu memiliki nutrisi dan vitamin yang baik dikonsumsi oleh tubuh. Namun, produk susu juga mengandung protein hewani yang sulit diproses oleh ginjal.

Kemudian, sering kali produk susu mengandung fosfor dan kalium yang tentu dapat membahayakan ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan.

  1. Olahan Daging

Makanan yang dimaksud sebagai olahan daging yakni seperti sosis, nugget, dan hamburger. Jenis makanan olahan daging ini cenderung mengandung garam dan fosfor yang tinggi dan bisa meningkatkan risiko kanker ginjal.

Bagi seseorang yang memiliki penyakit ginjal, makan makanan olahan daging ini perlu dihindari karena ginjal tidak dapat membuang fosfor dari dalam tubuh secara efektif. Apabila tetap dikonsumsi maka kelebihan fosfor ini akan menarik kalsium dari tulang dan menyebabkannya menjadi lemah.

  1. Makanan Manis

Kandungan gula biasanya ditemukan pada makanan manis dan apabila dikonsumsi berlebihan akan merusak ginjal. Gula berlebih akan merusak dinding pembuluh darah dari ginjal dan nefron yang fungsi utamanya adalah menyaring darah dan menghasilkan urine. Akibatnya, fungsi ginjal akan menurun dan rentan terkena penyakit.

Makanan manis selain merusak ginjal juga menyebabkan risiko diabetes dan tekanan darah tinggi serta dapat merusak pembuluh darah. Beberapa contoh makanan yang mengandung gula yakni roti, kue kering, dan sambal dalam kemasan.

Demikianlah beberapa makanan dan minuman yang dapat merusak ginjal dini. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan ginjal dengan cara menghindari atau mengurangi makanan dan minuman yang berisiko.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *