Kultum 371: Akibat Ulah Tangan Manusia (3)

Akibat Ulah Tangan Manusia
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Sungguh sangat berat dan rumit dan elemen yng harus diperhitungkan bukan hanya logistik, tapi juga finansial, politik, bahkan spiritual. Menurut pemerintah setempat, tidak ada negara yang telah berkembang sejauh ini dalam pemikiran mereka tentang bagaimana membuat keputusan relokasi yang direncanakan di tingkat nasional. Menurut staff PBB dan pemerintah Fiji, relokasi semacam ini adalah hal yang dipekirkan oleh banyak pemerintah di seluruh dunia dalam 10 tahun, 15 tahun, 20 tahun, bahkan 50 tahun ke depan.

Nah, terlepas dari semua kerumitan di atas, ada dua hal yang sering dilupakan manusia adalah peringatan Allah yang telah tertulis sejak 1400 tahun lalu. Pertama, Allah Subhanahu wata’ala telah berfirman,

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

ظَهَرَ ٱلْفَسَادُ فِى ٱلْبَرِّ وَٱلْبَحْرِ بِمَا

كَسَبَتْ أَيْدِى ٱلنَّاسِ لِيُذِيقَهُم

بَعْضَ ٱلَّذِى عَمِلُوا۟ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

Artinya:

Telah tampak kerusakan di darat dan di laut karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (dampak) perbuatan mereka, semoga mereka kembali ke jalan yang benar (QS. Ar-Rum, ayat 41).

Kedua, pertanyaan Malaikat ketika Allah Azza wa Jalla hendak menciptakan manusia sudah jelas meski secara implisit bahwa manusia akan banyak membuat kerusakan di bumi. Allah Subhanahu wata’ala berfirman,

وَاِذۡ قَالَ رَبُّكَ لِلۡمَلٰٓٮِٕكَةِ اِنِّىۡ جَاعِلٌ فِى

الۡاَرۡضِ خَلِيۡفَةً

ؕ قَالُوۡٓا اَتَجۡعَلُ فِيۡهَا مَنۡ يُّفۡسِدُ فِيۡهَا

وَيَسۡفِكُ الدِّمَآءَۚ وَنَحۡنُ نُسَبِّحُ

بِحَمۡدِكَ وَنُقَدِّسُ لَـكَ‌ؕ قَالَ اِنِّىۡٓ

اَعۡلَمُ مَا لَا تَعۡلَمُوۡنَ

Artinya:

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Aku hendak menjadikan khalifah di bumi”. Mereka berkata, “Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?” Dia berfirman, “Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui” (QS. Al-Baqarah, ayat 30). Allahu ya’lam.

Semoga sedikit yang kita baca ini membuat kita bersyukur atas hidayah Allah Subhanahu wata’ala, dan kalau sekiranya bisa memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                    —ooOoo—

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *