Hikmah Pagi: Perjuangan Putri Rasulullah Menjalani Cinta Beda Agama hingga Berbuah Manis

Putri Rasulullah Menjalani Cinta Beda Agama
Ilustrasi: Zainab RA
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idTak hanya saat ini, cinta beda agama sudah ada sejak zaman Nabi. Bahkan yang mengalaminya adalah putri Nabi bernama Zainab RA.

Siapa sosok yang dicintai oleh Zainab RA? Dalam Kelengkapan Tarikh Muhammad SAW karya Moenawar Chalil disebutkan, Zainab RA jatuh cinta kepada Abul Ash bin Rabi’ yang merupakan salah seorang pemuka Quraisy.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kutipan dari buku “Rumah Tangga Seindah Surga” karya Ukasyah Habibu Ahmad: Zainab RA sangat mencintai Abul Ash dan sebaliknya. Sayangnya, mereka tidak bisa bersama karena perbedaan agama. Sebab saat itu Abul Ash belum masuk Islam.

Abul Ash tetap tidak mau meninggalkan agama nenek moyangnya, bahkan setelah turunnya wahyu kenabian kepada Rasulullah SAW. Dia masih tetap menyembah berhala layaknya orang-orang kafir Quraisy.

Awal Pertemuan Zainab dengan Abul Ash

Mengutip buku Bilik-Bilik Cinta Muhammad karya Nizar, Zainab RA merupakan putri tertua dari pernikahan Rasulullah SAW dengan Khadijah binti Khuwailid RA. Zainab RA lahir saat Rasulullah SAW berusia 30 tahun atau sekitar 23 tahun sebelum beliau hijrah ke Madinah.

Zainab RA menghabiskan masa mudanya dengan membantu dan meringankan tugas ibunya dalam urusan rumah tangga serta mengasuh adik-adiknya. Dari kebiasaan inilah, ia belajar hidup dalam kesabaran dan keteguhan.

Sementara itu, Abul Ash bin Rabi’ bin Abdil Uzza bin Abdisy Syams bin Abdi Manaf bin Qushay al-Qurasyi merupakan pemuda terhormat dengan kekayaan melimpah. Ia merupakan putra Halah bin Khuwailid yang tak lain merupakan saudara Khadijah RA. Dengan kata lain, Abul Ash merupakan keponakan dari Khadijah RA.

Rasulullah SAW menikahkan Zainab RA dengan Abul Ash ibn Rabi’. Seperti halnya Zainab RA, Abul Ash juga mempunyai status sosial dan nasab terhormat.

Setelah wahyu turun kepada Nabi SAW, Zainab RA menyatakan diri beriman kepada agama baru yang dibawa ayahnya itu.

Kisah Perjuangan Cinta Zainab dan Abul Ash

Dirangkum dalam buku Rumah Tangga Seindah Surga karya Ukasyah Habibu Ahmad dan buku Kisah Nabi Muhammad SAW karya Yoyok Rahayu Basuki, Rasulullah SAW akhirnya memutuskan untuk hijrah. Sementara itu Zainab RA tidak diperbolehkan oleh sang suami dan keluarganya untuk meninggalkan Makkah.

Bahkan saat Perang Badar bergejolak, Zainab RA merupakan satu-satunya muslimah yang tinggal bersama kafir Quraisy di Makkah. Pada saat itu Abul Ash ikut memerangi kaum muslimin dan mertuanya, Rasulullah SAW.

Sudah pasti Zainab RA menjadi gelisah dan bersalah, suaminya harus berperang melawan ayahnya padahal keduanya merupakan orang yang sangat dicintai oleh Zainab RA.

Zainab RA pun memanjatkan doa kepada Allah SWT agar memberikan kemenangan untuk kaum muslimin. Di sisi lain, dia juga berharap agar suaminya diselamatkan dari bahaya dan mendapatkan hidayah untuk memeluk agama Islam.

Peperangan pun berakhir dan kaum muslimin menang. Abul Ash menjadi salah satu tawanan kemudian digiring menuju Madinah. Rasulullah SAW mensyaratkan setiap tawanan menebus diri mereka jika ingin bebas.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *