Hikmah Malam: Apakah Meninggal di Bulan Ramadan Benar-Benar Sesuatu Yang Istimewa?

Meninggal di Bulan Ramadan
ilustrasi: Meninggal di Bulan Ramadan/freepik-AI
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.co.idSetiap orang yang hidup pasti mati, karena tidak ada sesuatu pun di dunia ini yang abadi. Kematian dan ajal menjadi rahasia Allah yang dihadapi oleh makhluk hidup.

Allah berfirman dalam surat Ali Imran ayat 185:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۖ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

Artinya: “Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Dan hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya.”

Adakah Keistimewaan Meninggal di Bulan Ramadan?

Terkait keistimewaan meninggal di bulan Ramadan, Kita tidak menemukan dalil khusus mengenai hal ini. Meski demikian, terdapat sebuah hadits yang menyebut wafatnya seseorang dalam kondisi berpuasa.

Diterangkan dalam buku Keistimewaan Puasa Menurut Syariat & Kedokteran karya Syeikh Mutawalli Sya Rawi, dari Amr bin Murrah al-Juhni dia berujar seseorang dari Qudha’ah datang kepada Rasulullah SAW dan berkata,

“Wahai Rasulullah, apa pendapatmu apabila aku mengucapkan syahadat lailahaillahu wa annaka Rasulullah (tidak ada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya kamu adalah utusan Allah), aku salat lima waktu, melakukan puasa Ramadan, mengerjakan ibadah (shalat tarawih) bulan Ramadan dan menunaikan zakat?” Rasulullah SAW berkata, “Barangsiapa yang meninggal dunia seperti ini maka dia termasuk golongan syuhada’ dan shiddiqin.” (HR Ibnu Hibban)

Senada dengan itu, Ustaz Adi Hidayat turut menjelaskan hal serupa seperti dikutip dari arsip berita detikcom, Rabu (13/3/2024).

“Waktu memang ada yang diistimewakan oleh Allah SWT, berbeda dengan waktu lainnya. Ada waktu harian seperti sepertiga malam, ada waktu bulanan, ada waktu tahunan, seperti Ramadan, waktu Ramadan banyak keistimewaan, jika amal saleh ditingkatkan maka pahala dilipatgandakan,” terang Ustaz Adi.

Meski demikian, Ustaz Adi menjelaskan bahwa meninggal di bulan Ramadan bukan berarti menjadi penjamin seseorang wafat dalam keadaan baik. Hal ini kembali kepada individu masing-masing.

“Jadi Ramadan, jika ada yang wafat di dalamnya, belum tentu jadi tanda kebaikan wafatnya, kecuali jika dia wafat dalam keadaan saleh,” tambahnya.

Sementara itu, mengutip buku 800 Hadits Pilihan dan Penjelasannya oleh Syaikh Muhammad Musthafa Imarah, meninggal di bulan Ramadan dinilai istimewa bagi muslim yang wafat dengan mengerjakan amal saleh semasa hidupnya. Jadi, kunci utamanya bergantung pada jumlah amal kebaikan yang dikerjakan.

Wallahu’alam.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar